Tuesday, June 20, 2017

Merantau? Coba Tips Bijak Ini yang Akan Membuat Kamu Betah


Kehidupan tidak pernah luput dengan berbagai pilihan, salahsatunya adalah pilihan untuk merantau. Merantau dengan arti luas dapat diartikan pergi ke daerah lain dengan tujuan untuk merubah nilai kehidupan yang sebelumnya menjadi lebih baik. Dalam arti sempit merantau adalah proses yang sangat sakral yang harus dilalui oleh para pejuang hebat demi ilmu, rejeki, keluarga dan lain sebagainya. 

Merantau tidak sekedar pergi lantas pulang dengan sesuka hati, merantau adalah proses menghargai diri sendiri untuk menerima budaya baru. Menghargai budaya lain dengan mengorbankan idealisme pribadi, itulah merantau yang tidak bisa dianggap enteng dalam kondisi apapun.

Merantau sebagian orang menganggap hal yang menakutkan, karena dengan kondisi baru mereka takut melawan arus dan pada akhirnya menyerah dengan keadaan. Namun sebagian bertahan walaupun arus deras menghantam semua dilakukan untuk masa depan yang ingin dicapai.

Bicara merantau, sebaiknya memperhatikan beberapa hal untuk keselamatan, untuk membuat diri sendiri dan keluarga nyaman, untuk memperbaiki kualitas diri, untuk tetap lebih bersyukur. untuk itu simak tips dan trik bijak merantau dinegeri orang, berikut kami sajikan 5 tips dan trik bijak merantau.

1. JUJUR DALAM KONDISI APAPUN, SEKALIPUN TERDESAK
Benar terkadang dengan kondisi kita yang terdesak membuat kita memutuskan untuk melakukan hal yang tidak benar. Dengan tujuan untuk tetap bertahan hidup, dan mengorbankan ketidakjujuran kita dalam kerugian orang lain. Sebaiknya sekalipun kita terdesak dengan keadaan ditanah rantau tetap jujur, dan yakin pasti ada jalan keluar yang tepat.

2. MENOLONG SESAMA, MESKIPUN KITA JUGA TERBATAS
Bukan alasan dengan keterbatasan kita diperantauan lantas kita tidak menolong seama yang membutuhkan. Menolong tidak harus materi akan tetapi moril juga tetap bisa kita lakukan. Percayalah keadilan pasti ada, dimanapun, kapanpun dan siapapun yang kita tolong pasti Tuhan menyisihkan balasan yang baik untuk kita.

3. JANGAN INDIVIDUALISME, TETAPLAH BERSOSIAL
Memang sudah kodratnya kita menjadi makhluk sosial, untuk itu tetap bijak jangan merasa bisa sendiri dengan kecukupan yang ada. Pastikan tetap besosial demi mempertahankan talisilaturahmi sesama manusia. Ini sangat penting karena dengan bersosial jaringan yang akan kita dapat akan baik dan kokoh.

4. TETAP HARGAI BUDAYA KITA, TAPI JUNJUNG BUDAYA MEREKA
Maksudnya adalah meskipun kita memiliki budaya yang kental, namun ketika kita merantau berusahalah untuk menghargai dan menjunjung tinggi bumi yang kita pijak. Hal ini bukan didasar atas perintah atau aturan, namun inilah kenyataan yang harus kita terima. Namun, jangan sesekali juga melupakan budaya tercinta kita. 

5. MEMILIH TEMAN, KERABAT YANG TEPAT
Poin ini juga penting, mengingat kita hidup selain dukungan orang tua adalah teman kerabat kita. Untuk itu bijaklah dalam memilih teman demi keberhasilan yang akan kita capai. Bukan persoalan berteman jangan milih-milih namun hal ini untuk kenyamanan dan keamanan kita. 

Beberapa poin diatas yang mungkin bermanfaat untuk kita, sebaiknya kita terapkan ketika kita hidup ditanah rantau, dinegeri orang dan dinegara orang. Selagi kita masih memperhatikan nilai-nilai maka kita akan selamat dengan kondisi yang kita harapkan. Salam untuk para perantau, semoga berkah dan sukses selalu dalam lindunganNya.

Indonesia Jl. Tlogo Agung, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com