Thursday, October 19, 2017

Contoh Kritik Poster Narkotika yang Baik dan Benar


DESKRIPSI
Sebuah poster tentang himbauan bahaya narkotika, Poster ini menggambarkan bagaimana penyalahgunaan narkotika intravena ilegal yang dapat menyebarkan virus fatal dan perlahan-lahan menghabiskan nyawa dari korban yang tidak mengetahui. Ilustrasi yang dihadirkan dalam bentuk sederhana, dengan konsep gambar seseorang yang dililit jarum suntik “narkotika”. Selain ilustrasi gambar poster dibantu juga teks-teks yang menjelaskan poster tersebut, seperti “pembunuh diam-diam”.

Secara garis besar maksud dari poster tersebut jika dilihat dari jarak jauh sudah diketahui apa maksudnya. Dalam poster tersebut tidak ada larangan yang jelas untuk tidak menggunakan, namun lebih cenderung pada himbauan. Meskipun hanya dengan himbauan poster tersebut memiliki makna yang dalam. Poster tersebut berusaha menggugah hati siapa saja yang melihatnya akan bahaya narkotika bagi tubuh manusia. Poster tersebut cukup efektif dalam membujuk masyarakat untuk tidak menggunakan narkotika karena tak ada kata larangan & langsung memeperlihatkan dampaknya.

KRITIK

Negatif
Poster tersebut menginterpretasi dengan gambar sederhana dan menggunakan teks-teks pendukung berbahasa inggris, menyebabkan berbeda-beda penafsiran dan pemahan dari setiap orang. Lebih jelasnya karena pandangan setiap orang berbeda jika dilihat dari sudut pendidikan dan pengalaman. Poster tersebut menggunakan subjek utamanya adalah ilustrasi manusia, mungkin semua orang paham dengan maksud gambar tersebut. Namun dalam subjek yang kedua adalah jarum yang melilit ke tubuh manusia dari mulai pinggang dan berakhir menancap di leher, yang cukup menyebabkan multitafsir untuk setiap orang yang melihatnya “paham dan tidak paham”.

Dalam poster tersebut secara keseluruhan menampilkan ilustrasi gambar bukan manusia asli, jelas kelemahannya adalah dalam penafsiran dari karya desain poster itu sendiri. Meskipun sudah dijelaskan dengan teks pendukung poster ini memiliki kelemahan untuk orang yang tidak menguasai bahasa inggris. Disisi lain, poster himbauan ini layaknya hanya dikhususkan untuk kalangan menengah keatas yang mungkin cepat dalam menafsirkan makna poster itu sendiri. Harusnya poster ini diberlakukan untuk multi bahasa jadi setiap yang melihat dari negara, golongan, kalangan dapat memahami setiap maknanya yang dimaksud oleh pembuat.

Positif
Karya desain poster ini memiliki desain yang sangat simpel dan sederhana yang menggunakan warna biru pada latar belakangnya. Dengan desain yang demikian memberi kesan yang mewah, mahal, dan moderen. Ketika orang melihat sekilas jika memiliki pengetahuan dan pengalaman terkait narkotika dan sejenisnya “bukan pemakai” pada poster tersebut langsung akan paham dan mengerti maksudnya. Dalam kondisi saat cetak poster tersebut tidak akan memakan biaya yang mahal karena tidak memakan banyak warna.
Photo Asli


Indonesia Malang, Malang City, East Java, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com