Wednesday, August 30, 2017

Tak Mampu Imbangi Kenakalan Remaja? Coba Terapkan 5 Hal Ini

Masa remaja sejatinya tidak lepas dari yang namanya kenakalan remaja yang disebabkan peralihan dari masa anak-anak. Kadang kita sebagai orang tua sering dipusingkan dan bahkan selalu dibuat malu oleh mereka. Kenakalan remaja kerap tidak dapat dibendung dengan cara apapun. Bahkan jika tidak diwaspadai dengan baik akan menimbulkan dampak negatif yang berkelanjutan.

Kenapa tidak? Persoalan kenakalan remaja yang disebutkan oleh Hurlock (1973) adalah masalah pribadi, yaitu masalah-masalah yang berhubungan dengan situasi dan kondisi di rumah, sekolah, kondisi fisik, penampilan, emosi. Oleh sebab itu, jika tidak dikendalikan dengan baik maka akan berdampak buruk baik bagi anak ataupun keluarga.

Supaya dapat mengimbanginya, coba terapkan 5 hal ini untuk mencegah kenakalan remaja agar tidak merugikan. Sebagai orang tua bertanggungjawab penuh dan jangan sampai putus asa menghadapinya.

Memberikan dan Menerapkan Aturan
ekibussines.blogspot.co.id
Aturan pada dasarnya bersifat mengikat, namun pada saat anda dan anak remaja anda dalam kondisi tenang maka bicarakanlah dengan baik. Jangan sampai anda memberikan dan menerapkan aturan yang kiranya malah membuat ia membrontak. Coba berikan dan terapkan aturan yang bernilai dan miliki konsekuensi bijak. Jangan lupa ajak buah hati anda untuk berdiskusi, jika ia tidak sepakat maka jangan ambil keputuan sepihak dan sebaiknya berunding sebagai keputusan bersama.

Jangan Sering Menghakimi, Coba Berikan Kesempatan
https://wartapemenang.wordpress.com
Seringnya para orangtua akan langsung menghakimi anak atas apa yang telah dilakukan tanpa mengetahui kesalahannya. Hal demikianlah yang akan menambah brutalnya anak karena tidak memiliki kesempatan untuk menjelaskan. Kerapnya anak akan berpikir pendek dan lebih beresiko untuk bersikap meniru ketidakadilan tersebut. Jadi, sebelum menghakimi anak sebagai orang tua yang bijak, alangkah baiknya tanya baik-baik apa yang sebenarnya terjadi.

Bernada Rendah, Coba Redakan Amarah
https://www.merdeka.com
Sebagai ‘orang tua’ biasanya akan langsung marah ketika mendengar kabar atas kenakalan anak kita. Wajar saja untuk mereka karena perubahan hormon, sebagai orang tua baiknya kita bernada rendah untuk menerima dan memberikan nasehat. Jangan sampai kita terbawa suasana emosi dan tidak bisa meredakan amarah. Jika itu terjadi maka akan berakibat fatal, seringnya anak kita akan jadi agresif dan membangkang.

Luangkan Waktu Khusus Bersama Anak
Kesibukanlah yang kadang membuat kita kurang memperhatikan anak, hanya memberikan uang jajan dan tidak memberikan kasih sayang adalah tindakan kurang baik. Hal seperti inilah yang memicu akan kenakalan remaja tidak terkontrol. Mereka butuh kasih sayang, oleh sebab itu disela kesibukan lebih baiknya luangkan waktu bersama keluarga untuk menambah keakraban yang akan memberi keharmonisan. Kebiasaan ini harus dibangun sejak dini untuk mencegah kenakalan remaja yang timbul pada anak.

Mendengarkan dengan Baik, Tidak Memvonisnya
www.cosmopolitan.co.id
Secara kasih sayang terkadang anak kita butuh sandaran untuk mengutarakan segala masalahnya. Ketika anak sudah memberanikan untuk mengakui kesalahannya dengan jujur, maka ketika berbicara jangan menghakimi. Hindarilah ucapan-ucapan yang mengkritik, lebih baiknya bimbing dengan baik maka anak remaja akan merasa lebih diharg

Demikian, penjelasan dan tips mencegah kenakalan remaja yang ampuh dan mudah diterapkan. Kuncinya ada pada kita “orang tua” bagaimana caranya untuk mengimbangi mereka supaya tetap berbuat positif. Tentu kita sebagai orang tua tidak bakal membiarkan anak tercinta kita terjerus kejurang kehancuran bukan.

Indonesia Sukadana, North Kayong Regency, West Kalimantan, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com