Tuesday, November 14, 2017

Sejarah Berdirinya SMP Negeri 03 Seponti

Pada waktu itu Sekolah Menengah Pertama (SMP) hanya ada satu yang paling dekat dari beberapa desa lainnya. SMP terdekat yang berada dilingkar kecamatan tersebut adalah SMP Negeri 1 Seponti. Merupakan salah satu SMP yang tedahulu dan salah satu SMP ternama masa itu, karena prestasinya. Mengingat dengan kondisi ekonomi pendapatan masyarakat, banyak yang mengeluhkan atas biaya sekolah tersebut, disamping biaya operasi tiap hari diperjalanan maupun uang pembayaran gedung dan lain sebagainya.

Belum lagi dengan beberapa alasan lainnya, sehingga banyak masyarakat yang mengeluhkan hal tersebut. Akibatnya pada waktu itu, masyarakat yang memiliki anak yang akan masuk sekolah kebingungan dan beberapa dari mereka memutuskan untuk tidak  melanjutkan sekolah. Menanggapi hal itu, beberapa penggagas dari beberapa elemen khususnya kepala desa dan beberapa tokoh masyarakat membuat dan berusaha mendirikan sekolah baru. Tidak perlu basa-basi, para penggagas waktu itu langsung memutuskan untuk mendirikan SMP baru, yaitu SMP Negeri 3 Seponti.

Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Seponti merupakan salah satu sekolah yang berada di Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Sekolah ini beralamat di Desa Podorukun, Kec. Seponti, Kab. Kayong Utara.  SMPN 3 Seponti memiliki sejarah dalam berdirinya, salah satunya adalah kegiatan belajar-mengajar yang mulanya dilakukan pada sore hari dengan memakai gedung SD Negeri 14 Podorukun.  Kegiatan ini berlangsung dari tahun 2008-2009. Saat itu status sekolah ini masih merintis dan berinduk ke SMP Negeri 1 Seponti. 

Selain dari kegiatan belajar mengajar, masa merintis pada waktu itu siswa hanya delapan orang, kemudian diisi dengan kouta pindahan menjadi 12 orang dan akhirnya menjadi 28 orang lulusan untuk angkatan pertama. Setelah setahun memakai gedung SD Negeri 14, masa itu proses pembangunan gedung tahap pengerjaan. Tahap pengerjaan gedung selesai pada tahun berikutnya, selanjutnya proses belajar mengajar dialihkan dan dilakukan di gedung resmi SMP Negeri 3 Seponti.

Meskipun masih berstatus menginduk,  SMP Negeri Seponti memiliki tenaga pengajar (guru) yang luar biasa. Guru pengajar berasal dari guru-guru daerah setempat, dan beberapa guru pengajar dari luar daerah. Setelah berdiri dan resmi serta tidak menginduk lagi, sekolah ini menjadi tujuan bagi para pelajar yang berasal dari berbagai  wilayah di kec. Seponti dan beberapa siswa dari luar daerah. 

Berikut adalah perangkat sekolah SMP N 3 Seponti pada awal berdirinya: 
1. Hendri(Kepala Sekolah) 
2. Syaiful Anwar(Guru) 
3. Muhhamad Syolikin (Guru) 
4. Win Hidayanti(Guru) 
5. Sohirin (Komite) 
6. Rusmiati (Guru)
7. Halinah (Guru)
8. Siti Munawaroh (Guru)
9. Ali Batsah (Guru)

Pada awal kehadiran SMP ini sangat disambut dengan baik oleh segenap masyarakat, mengingat sebelum adanya SMP Negeri 3 Seponti ini pelajar khususnya yang kurang mampu sangat kesulitan untuk melanjutkan ke sekolah tingkat berikutnya jika tamat SD.  Oleh karena itu, sebagai bentuk dukungan pemerintah setempat dan masyarakat, dibangunlah gedung baru. Gedung ini dibangun dan berdentitaskan menjadi SMP NEGERI 3 SEPONTI.


Indonesia Seponti, North Kayong Regency, West Kalimantan, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com