Pembahasan
Semiotika adalah studi tentang tanda dan cara tanda – tanda atau bekerja
atau ilmu yang mempelajari bagaimana tanda bisa berfungsi serta bagaimana makna
diproduksi. Secara etimologis. Memaknai berarti bahwa objek-objek tidak hanya
membawa informasi, dalam hal mana objek-objek itu hendak berkomunikasi, tetapi
juga mengkonstituasi system terstruktur dari tanda.
Tanda tidaklah terbatas pada benda, misalnya tentang kebiasaan, stuktur yng
ditemukan dalam sesuatu juga dapat di sebut sebagai tanda. Sebuah lambaian
tangan , gugup, merah, kebiasaan makan, keheningan , tren mode, bunga,
memejamkan mata, api, bulat, kekhawatiran, kebisuan, putih, tersenyum, dll
semunya itu di anggap sebagai tanda.
Untuk menganalisis iklan indosat versi im3 groove di saat
menganalisis iklan harus berdasarkan pesan yang di kandungnya diantaranya
adalah
1.Pesan linguistic
Semua kata dan kalimat dalam iklan, dalam iklan indosat versi im3 groov3 di
tegaskan dalam sebuah kalimat yang sangat singkat yaitu nelpon sms internet
cukup satu nge-groov3!. Yang artinya dalam iklan cetak ini bahwa im3 groov3
memberikan tarif yang murah untuk menelpon, sms, internet. Anak muda yang
mengguanakan heandphone saat ini kebutuhan meraka tidak hanya sebatas untuk
telepon dan sms saja tetapi dengan internet juga. Maka dengan gebrakan baru
indosat meluncurkan produk im3 groov3 yang memberikan tarif yang murah
sesuai dengan anak muda yaitu murah
2.Pesan ikonik yang terkondekan
Merupakan konotasi visual yang diturunkan dari penataan elemen-elemen visual dalam iklan
a.Warna.
Merupakan konotasi visual yang diturunkan dari penataan elemen-elemen visual dalam iklan
a.Warna.
Warna yang digunakan dalam iklan indosat versi im3 groove ini sangat colour
full di antaranya background yang sangat dominant adalah warna kuning, kuning
di sini jelas salah satu dari warna logo dari indosat di samping warna merah
dan biru. Warna kuning sendiri lebih banyak digunakan dalam iklan indosat versi
groov3 karena warna kuning sangat terang dan cerah. Dan selain warna
kuning juga warna hijau yang juga banyak di antaranya warna dasar dari tulisan
groov3 juga pada baju cardigant yang digunakan oleh luna maya. Juga warna hijau
juga menandakan untuk telepon, warna coklat menandakan sms dan biru menandakan
internet.
b.Huruf.
Huruf yang digunakan dalam tulisan nELpOn SMS iNteRnet menggunakan font
times new roman, font standart yang digunakan dalam Microsoft office word.
Tulisan tersebut digunakan besar kecil karena saat ini anak muda Indonesia jika
menuliskan kata dalam sms atau di internet (entah chatting, blog, email dll)
biasanya banyak menggunakan huruf yang besar dan kecil. Sedangakan kata cukup
satu nge-groov3 seru! Di tulis dengan sangat sederhana.tetapi tulisan groov3
pada akhiran kata tidak menggunkan huruf E tetapi menggunkan angka 3 yang
dimana angka 3 dapat di simbolkan sebagai huruf E dan sebagai penjelasan dari
(nelpon,sms dan internet).
c.Baju
Baju di sini lebih melihat pada tren anak muda saat ini yang biasanya
cenderung simple tetapi terlihat gaul, seperti pakaian yang digunakan oleh luna
maya. Menggunakan baju terusan putih yang di tutup dengan cardigant warna hijau
serta menggunakan leging bergaris hitam dan putih sehingga terlihat komposisi
bagian warna pas dengan karakter luna maya yang serba hijau. Yang menunjukan
bahwa luna maya adalah karakter yang hobi dengan telepon Sedangkan junior liem
menggunakan blazer coklat, blazer disini penandakan baju yang semi formal dan
sangat cocok digunakan untuk acara santai. Tidak hanya itu untuk menunjang
pakaian, junior liem memadukan dengan celana jeans warna biru dan menadakan
bahwa tipikal junior liem adalah penghobi sms. Sedangkan adly fairus tampil
dengan jaket warna biru dan baju warna biru serta celan jeans biru dan
menadakan adly fairuz adalah penghobi layanan internet dari im3 groov3.
d.Aksessoris
Aksessoros paling banyak terlihat banyak menggunkan adalah luna maya yaitu
menggunakan ikat pinggang warna hijau serta gelang warna hijau yang
sesuai dengan kepribadian dari luna maya yaitu penghobi dari menelpon. Juga
sebagai pemanis penampilan dari luna maya, luna maya menambahkan dengan kalung
yang terbuat dari untaian batu-batu kecil berwarna warni yang dominan warna
kuning. Juga handphone yang di gunakan oleh masing-masing model rata-rata
menggunakan handphone tipe nokia yang seri E, nokia seri E disini dapat
dikategorikan sebagai smartphone yang sistem operasinya hampir menyamai
blackberry. Warna merah juga masih terlihat pada motif sepatu yang digunakan
oleh adly fairus.
e.Setting dan lokasi
Terlihat jelas sekali background batu bata yang digunakan juga sedikit
coretan grafiti yang biasanya banyak kita jumpai di tembok atau ruang kosong di
pinggir jalan. Dan biasanya di tempat ini lah anak muda lebih senang berkumpul
bersama teman-temannya. Juga terdapat kursi panjang yang biasanya banyak
di gunnkan untuk sekedar duduk-duduk.
f.Model / Talent
Luna maya sebagai seorang wanita satu-satunya dalam kelompoknya sangat
cocok untuk di identikan karakter anak muda jaman sekarang yaitu yang cerdas,
energik, fashionholic dan sesuai dengan tipe wanita pada saat ini yaitu hobi
ngobrol lama-lama di telepon. Sedangakan adly fairuz dan junior liem adalah 2
bintang anak muda yang sedang naik daun juge terlihat jiwa muda yang mutli
talenta sehingga mereka ber-3 di jadikan sebagai ikon dari im3 groov3.
g.Logo
Logo dari indosat ada yang di sertakan yaitu logo dari indosat itu sendiri
yang di gambarkan dalam bentuk bintang yang berwarna kuning, merah, biru yang
menandakan bahwa indosat pangsa pasarnya lebih keanak mudah banget karena anak
muda adalah masa-masa yang lebih cenderung have fun n mewarnai hari-hari mereka
dengan hiburan tapi tetp positif dan yang bertuliskan indosat, logo ini
ditempatkan di kanan pojok bawah. Sedangkan logo yang satunya yang bertuliskan
sinyal kuat dengan ganbar diagram warna biru (yang menandakan bahwa sinyal
indosat dapat di jangkau di semua area) di tempatkan di pojok kanan atas.
3.Pesan ikon yang tidak terkodekan
Ikaln indosat versi im3 groove jelas sekali terlihat bahwa iklan ini di
tujukan untuk anak muda yang berjiwa muda yang penuh warna. Bisa dilihat dari
model yang dihadirkan dalam iklan im3 groove, 3 anak muda yang sedang asyik
menggunakan handphone masing-masing ada yang sedang menelpon,sms, ataupun
internet. Karena anak muda sekarang ssekarang tidak bisa lepas dari handphobe
masing – masing bahkan handphone di jadikan sarana hiburan atau entertaint, di samping
sebagai sarana komunikasi dan informasi. Oleh karene itu im3 groove hadir
dengan semua layanan yang berguna bagi anak muda tapi dengan tarif yang sangat
murah.
Bauran Promosi Produk Im3 Di media cetak Dan Cara pemasaran lain
selain dari iklan cetak dengan gambar tersebut.
1.Kualitas Produk
Dalam Penjualan IM3, Indosat memberikan
suatu kebijakan untuk menarik kepada konsumen, kebijakan tersebut antara lain
dengan memberikan kelebihan-kelebihan dan keunggulan dibandingkan produk
sejenis, selain itu juga memberikan sesuatu tambahan atau keunikan. Kebijakan
tersebut antara lain:
- Perluasan
Jaringan BTS (Base Transceiver Station) di area JBRO
- Perbaikan
kualitas sinyal BTS dan monitoring kualitas secara konsisten.
- Memperluas
interkoneksi dengan operator lain (ex:Telkomsel,Telkom,Esia dll) dengan
pembukaan nomor-nomor baru.
- Memberikan
fitur-fitur yang lebih canggih dan maju sehingga lebih memberikan
kemudahan dalam penggunaan dan pemakaian produk.
- Meningkatkan
performa dan kinerja jaringan internet.
- Penjualan
dengan sistem bundling dengan hand set Motorola.
2.Daya Tarik Promosi
Selain peningkatan performa dan kinerja teknis, Indosat juga berusaha meningkatkan minat beli calon konsumen dengan memberikan Promo atau informasi yang berusaha membujuk dan mengenalkan IM3 kepada calon konsumen. Kebijakan Indosat dalam promo IM3 antara lain:
- Promo
besar-besaran pada semua media massa, seperti TV, radio, koran dan media
massa lainnya.
- Mengadakan
pameran dan seminar atau pembukaan stand-stand pada setiap pameran
telekomunikasi.
- Memberikan
warna gaul dan menarik, dengan menciptakan tagline (lirik) lagu IM3.
- Memberikan
informasi sejelas dan selengkap mungkin mengenai Produk Im3, baik di media
ataupun di website internal Indosat.
3.Harga Yang Dirasakan Konsumen
- Indosat
juga berusaha memberikan harga dan paket yang menarik kepada konsumen.
Kebijakan Indosat dalam harga penjualan IM3 antara lain:
- Harga
Telephone lokal, interlokal dan SLI yang murah
- Memberikan
paket hemat dalam SMS dan Telpon dengan Ceeean IM3.
- Harga
perdana dan voucher isi ulang yang terjangkau.
- Paket
GPRS yang murah.
- Harga
fasilitas tambahan yang murah seperti SMS, Fax danconference call.
Semua Posting Pada artikel ini merupakan tugas Mata Kuliah Manajemen Pemasaran. Disini tempat Berbagi....
0 komentar:
Post a Comment