Monday, May 16, 2016

Makalah Analisis Iklan Media Cetak “Analisis Wacana Iklan Indosat Dompetku Pada Surat Kabar Kompas Selasa, 16 Juni 2015”

Bab I
Pendahuluan


1.1  Latar Belakang
Kebutuhan manusia sangatlah beragam dan menuntut sebuah kepuasan. Perkembangan kehidupan juga mempengaruhi perkembangan kebutuhan manusia sehingga terjadi banyak pergeseran kebutuhan. Selain itu juga, kebutuhan manusia akan penerimaan dari orang lain menyebabkan peningkatkan kebutuhan.Tersenyum merupakan salah satu strategi dalam bersosialisasi yang membutuhkan tampilan gigi yang bersih dan putih sehingga berpengaruh pada penerimaan orang lain. Kebutuhan seseorang akan informasi dan pembaharuan sangatlah perlu, sehingga desain yang sederhana namun elegan sangatlah diperlukan.
Iklan-iklan secara langsung mempengaruhi setiap orang. Iklan memang dapat mempengaruhi perilaku konsumen terhadap merek yang diiklankan. Pengaruh iklan pada perilaku konsumen ini sangat variatif, mulai dari mendorong konsumen untuk mencari produk yang dimaksud sampai dengan mendorong orang yang sebelumnya tidak loyal menjadi loyal.  Untuk menghasilkan iklan yang efektif sekaligus bisa “membius” publik, tentunya dibutuhkan strategi perancangan yang matang. Bukan cuma tampilan fisik atau visual yang “wah”, tapi juga mampu mengomunikasikan pesan atau message yang tersembunyi. Artinya, mampu  memadukan  pesan yang sesuai dengan keinginan calon konsumen. Di sinilah, dibutuhkan strategi cerdas dan bijak agar pesan yang dikedepankan bisa ditangkap dalam durasi waktu tertentu, untuk strata sosial dan usia yang bervariasi.Penenkanan layout pada iklan indosat dompetku kali sangatlah jelan akan maksud  dan tujuan.
Iklan adalah salah satu bentuk komunikasi persuasif yang merupakan bagian dari kegiatan pemasaran yang bermaksud membujuk khalayak untuk memanfaatkan barang atau jasa. Banyak jenis-jenis iklan yang dapat digunakan untuk membujuk guna mengenal pesan yang disampaikan melalui iklan. Hanya saja komunikasi persuasif dalam periklanan memiliki audien yang tidak mengetahui secara pasti sumber pengirim, keputusan yang mereka buat, tergantung pada seberapa besar komunikator mempengaruhi atau meyakinkan mereka. Untuk itu diperlukan analisis yang terencana berdasarkan kaidah peneltian, guna mengukur seberapa besar efektivitas pesan melalui iklan dapat mempengaruhi keputusan audien/persuade.
Analisis wacana merupakan suatu kajian yang meneliti atau menganalisis bahasa yang digunakan secara alamiah, baik dalam bentuk tulis maupun lisan. Penggunaan bahasa secara alamiah tersebut berarti penggunaan bahasa seperti dalam komunikasi sehari-hari. Iklan merupakan sebuah bentuk komunikasi yang bertujuan menyampaikan pesan kepada penyimak yang berisi sebuah produk yang diiklankan. Produk yang diiklankan tersebut disampaikan dengan bahasa khas serta diharapkan dapat mempengaruhi penyimaknya. Analisis wacana iklan akan diperikan secara jelas dalam  makalah  ini.

1.2.   Rumusan Masalah
Berdasarkan  latar belakang  masalah sebelumnya, dirumuskan pertanyaan penelitian sebagai berikut.
1)      Bagaimanakah konstruksi gramatikal yang ada pada iklan indosat dompetku ?
2)      Bagaimanakah bentuk bahasa nonverbal yang dipakai pada iklan indosat dompetku ?
3)      Bagaimanakah kalkulasi keuangan  pada ikan  indosat dompetku?
4)      Mengapa bentuk  media koran yang diambil dari iklan indosat dompetku?

1.3    Metode Penelitian
1.3.1  Data dan Sumber Data
Data dalam penelitian ini diperoleh dari Surat Kabar Kompas Minggu 29 Mei 2011. Data yang dimaksud berupa iklan tertulis yang berupa teks-teks yang ada pada iklan  indosat bdompetku. Teks-teksi itu berupa teks verbal dan nonverbal pada iklan indosat dompetku  inilah yang dianalisis dalam makalah ini.

1.3.2  Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan pendekatan bmikrostruktural dan makrostruktural. Pendekatan mikrostruktural digunakan karena analisis wacana iklan ini juga memiliki kohesi gramatikal dan leksikalnya. Berbeda dengan mikrostruktural yang menekankan pada teks, makrostruktural berkaitan dengan konteks situasi dan  konteks kultural. Struktur teks merupakan satu kesatuan bentuk (simbol/tekstual) dan  makna suatu  teks yang secara keseluruhan  merupakan satu kesatuan bentuk dan makna teks yang menunjukkan  suatu organisme, bukan sebagai bagian. Jadi, iklan indosat senyum  ini memiliki struktur yaitu pembukaan, isi dan penutup.

1.4    Landasan Teori
1.4.1  Iklan
Iklan merupakan salah satu wujud ragam bahasa jurnalistik yaitu  ragam bahasa yang digunakan oleh insan  kretif  (Sumarlam, 2009:169). Iklan mengandung daya informatif persuasif yang secara konsensus harus memilih kata-kata yang dimengerti oleh khalayak pembaca. Di samping memiliki daya informatif persuasif, iklan juga mempunyai sifat khas yang menjadi karakteristiknya, yaitu singkat, lancar, padat, sederhana, netral, dan menarik. Selain itu, bahasa iklan mempunyai bentuk komunikasi yang khas. Pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa iklan merupakan suatu alat komunikasi yang digunakan untuk menarik perhatian calon konsumen dalam menawarkan produk-produk suatu perusahaan dengan tampilan gambar dan kata-kata yang menarik yang termuat dalam media elektronik maupun media cetak.
Berkenaan dengan struktur wacana, wacana iklan mempunyai tiga unsur pembentuk struktur wacana, yaitu (1) butir utama (Headline), (2) badan (Body), dan (3) penutup (close) yang dalam struktur wacana iklan tersebut dikaitkan dengan permasalahan tahap-tahap untuk mencapai tujuan. Iklan merupakan salah satu  media komunikasi yang sangat efektif untuk digunakan sebagai alat penghubung antara produsen dan konsumen. Produsen sering menggunakan iklan sebagai alat untuk menawarkan atau mempromosikan produk-produknya. Oleh karena itu, semua perusahaan yang menghasilkan produk baru, berlomba-lomba dalam memasang iklan sebagus-bagusnya untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya dari hasil penjualan produk-produknya.
Namun sebenarnya, iklan terbagi menjadi dua macam, yaitu iklan lisan dan iklan tulis. Iklan lisan sering dijumpai di televisi, yang tersajikan dalam bentuk berupa kata-kata singkat namun menarik, disertai dengan gambar-gambar mencolok yang dapat mengkomunikasikan pesan satu arah dan dapat dengan mudah dipahami oleh calon konsumen. dapat dikatakan bahwa iklan media cetak adalah iklan yang memuat tentang produk dengan layout yang menarik seperti yang sering dijumpai di media cetak (majalah, tabloid, surat kabar, dll). Iklan tulis hanya berupa kata-kata dan gambar yang mencolok dan menarik  sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami.

1.4.2 Tujuan Iklan
Tujuan pertama dalam wacana iklan adalah menarik perhatian. Untuk itu, diperlukan pesan-pesan iklan yang menarik dan penting sehingga dapat menarik perhatian calon konsumen. Tujuan ini ada pada butir utama. Dalam hal ini, ada lima proposisi dalam menarik perhatian konsumen yaitu (1) proposisi yang menekankan keuntungan calon konsumen, (2) proposisi yang membangkitkan rasa ingin tahu pada para calon konsumen, (3) proposisi yang berupa pertanyaan yang menuntut perhatian lebih, (4) proposisi yang memberi komando atau perintah kepada calon konsumen, dan (5) proposisi yang menarik perhatian konsumen khusus.
Tujuan kedua, setelah menarik perhatian, adalah menarik minat dan kesadaran calon konsumen. Berdasarkan motif calon konsumen dalam membeli sesuatu, yaitu motif emosional dan motif rasional, diwadahi dalam bagian badan iklan.  Wacana iklan hendaknya mengandung alasan objektif (rasional) dan alasan subjektif (emosional). Alasan objektif berupa informasi yang dapat diterima oleh nalar calon konsumen sedangkan alasan subjektif berupa hal-hal yang dapat mengajak emosi calon konsumen.
Tujuan ketiga, yaitu komunkasi dalam wacana iklan adalah mengubah tindakan tertentu pada diri konsumen. Hal ini terdapat pada bagian penutup iklan. Dalam mengembangkan bagian oenutup iklan, ada dua hal yang perlu dipertimbangkan yaitu pendekatan penjualan (seling approach) dan butir-butir pasif (passive point). Pendekatan penjual yang dapat digunakan untuk mengakhiri bagian iklan adalah dengan cara keras atau dengan cara lemah.

1.4.3  Wacana
Wacana merupakan tataran bahasa yang lebih luas dari kalimat. Wacana memuat rentetan kalimat yang berhubungan, menghubungkan proposisi yang satu dengan proposisi yang lainnya, serta membentuk satu kesatuan informasi (Djajasudarma, 1994:1).  Proposisi yang dimaksud adalah konfigurasi makna yang menjelaskan isi komunikasi (dari pembicaraan); atau proposisi adalah isi konsep yang masih kasar yang melahirkan statement (pernyataan kalimat). Menurut Alwi H. (2003) dalam KBBI Edisi Ketiga, wacana yaitu (1) komunikasi verbal; percakapan; (2) keseluruhan tutur yang merupakan suatu kesatuan; (3) satuan bahasa terlengkap yang direalisasikan dalam bentuk karangan atau laporan uturh, seperti novel, buku, artikel, pidato, atau khotbah; (4) kemampuan atau prosedur berpikir secara sistematis; kemampuan atau proses memberikan pertimbangan berdasarkan akal sehat; (5) pertukaran ide secara verbal. Konsep wacana yang lebih lengkap diungkapkan Sumarlam, dkk (2009:15) yang menyatakan bahwa wacana adalah satuan bahasa terlengkap yang dinyatakan secara lisan seperti pidato, ceramah, khotbah, dan dialog atau secara tertulis seperti cerpen, novel, buku, surat, dan dokumen tertulis yang dilihat dari struktur lahirnya (dari segi bentuk) bersifat kohesif, saling terkait dan dari struktur batinnya (dari segi makna) bersifat koheren, terpadu.
Wacana memiliki banyak ragam, Djajasudarma (1994:6) membagi wacana dari 4 segi yaitu eksistensinya (realitasnya), media komunikasi, cara pemaparan, dan jenis pemakaian. Menurut realitasnya dibagi dua yaitu verbal dan nonverbal; dari segi media komunikasi dibagi 2 yaitu lisan dan tulis; dari segi cara pemaparan dibagi 5 yaitu naratif, deskriptif, prosedural, ekspositori, dan hortatori; dan dari segi jenis pemakaian dibagi 3 yaitu monolog, dialog, dan polilog. Pendapat Djajasudarma sebelumnya sama dengan pendapat Darma (2009:4) yang juga membagi jenis wacana atas sudut realitas, media komunikasi, cara pemaparan, dan jenis pemakaian; hanya yang membedakannya lebih ditekankan pada wujud dari wacana itu dilihat dari si pembuat wacana. Wujud wacana itu antara lain text (berita, features, artikel, opini, cerpen, novel, dsb), talk (rekaman wawancara, obroloan, pidato, dsb), act (lakon drama, tarian, film, defile, demonstrasi, dsb), dan artifact (bangunan, lanskap, fashion, puing, dsb). Teks yang dianalisis dalam makalah ini adalah teks iklan tertulis yang ada para surat kabar.
Wacana teks memiliki strukturnya yaitu struktur gramatikal dan leksikal (Sumarlam, 2009). Struktur gramatikal meliputi pengacuan (reference), penyulihan (substitution), pelesapan (ellipsis), dan perangkaian (konjunction), sedangkan struktur leksikal terdiri atas 6 bagian yaitu repetisi (pengulangan), sinonimi (padan kata), kolokasi (sanding kata), hiponimi (hubungan atas-bawah), antonimi (lawan kata) dan ekuivalensi (kesepadanan).




















Bab II
Pembahasan

2.1 Biro Iklan
Biro iklan merupakan suatu organisasi tersetruktur yang bergerak dibidang jasa desain dan penyusunan ide-ide untuk mengenalkan  produk-produk kepada khalayak.
Biro iklan juga siap untuk melayani layanan konsultasi kepada setiap klien-klien.
Sistem kerja biro iklan terstruktur dan sistematis sesuai proporsi masing-masing.

2.2 Struktur
            Strukstur merupakan sebuah hal yang paling penting dalam sebuah perusahaan seperti biro iklan,karena struktur merupakan roda perusahaan dan di dalam terdapat orang-orang yang menjalankan program kerja serta tujuan perusahaany ang dilakukan oleh pihak atasan dalam perusahaan dengan kader atau divisi yang ada dalam struktur perusahaan tersebut.dan untuk melakukan pengerakan serta pengawasan dalam setiap program kerja yang dilakukan dan dalam perusahan.

2.3Visi Dan Misi
            Visi dan Misi merupakan hal penting dalam perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan dalam perusahaan dan menjadi patokan dasar dalam perusahaan,dimana visi menjadi inti atau dasar tujuan yang ingin dicapai,sedangakan misi merupakan suatu hal yang dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai visi yang yang telah ditentukan.

2.4 Visi Dan Misi Perusahaan
       Visi:
            Kapuas advertaising yang berada di garda depan dalam memberikan pelayanan terhadap kepuasan klien (pelanggan)


Misi:
1.Memberikan advis dan solusi terbaik terhadap kegiatan pomosi bagi perusahaan/klien ditangani.
2.Memberi konsultasi strategi yang tepat, efisien dan efektif berdasarkan posisi produk, target pengguna dan pembeli serta tujuan dari promosi itu sendiri
Bab III
     Analisis

3.1  Analisis Gramatikal Iklan
Gramatikal dalam iklan yang dianalisis berkaitan dengan segi bentuk atau struktur lahir sebuah wacana iklan.
Gramatikal lebih pada penekanan bentuk pesan yang disampaikan melaui layout dalm bentuk gambar maupun tulisan yang mengandung pesan verbal maupun nonverbal.

3.2   Analisis Nonverbal
Analisis nonverbal adalah studi tentang tanda dan cara tanda – tanda atau bekerja atau ilmu yang mempelajari bagaimana tanda bisa berfungsi serta bagaimana makna diproduksi. Secara etimologis. Memaknai berarti bahwa objek-objek tidak hanya membawa informasi dalam hal mana objek-objek itu hendak berkomunikasi, tetapi juga mengkonstituasi system terstruktur dari tanda.
Tanda tidaklah terbatas pada benda, misalnya tentang kebiasaan, stuktur yang ditemukan dalam sesuatu juga dapat di sebut sebagai tanda. Sebuah lambaian tangan , gugup, merah, kebiasaan makan, keheningan , tren mode, bunga, memejamkan mata, api, bulat, kekhawatiran, kebisuan, putih, tersenyum dan lain-lain semunya itu di anggap sebagai tanda.
Untuk menganalisis iklan indosat dompetku di saat menganalisis iklan harus berdasarkan pesan yang di kandungnya diantaranya adalah

3.2.1        Pesan linguistik
              Semua kata dan kalimat dalam iklan, dalam iklan indosat versi dompetku di tegaskan dalam sebuah kalimat yang sangat singkat yaitu indosat dompetku, yaitu salah satu program andalan indosat tahun 2015. Yang artinya dalam iklan cetak ini bahwa indosat dompetku memberikan sebuah program untuk transaksi atau pengiriman uang lebih cepat dan aman. Anak muda dan semua kalangan yang mengguanakan heandphone saat ini  tidak hanya sebatas untuk telepon dan sms saja, melainkan juga mencari dan mendapatkan kemudahan dalam sebuah proses transaksi antar pengguna indosat dompetku. Maka dengan gebrakan baru indosat  meluncurkan program andalan nya yang memberikan banyak manfaat dan keuntungan dengan harga terbaik, terlindung dengan asuransi, melayani 24 jam kerja, serta berhadiah setiap kirim uang ini kalimat pesan yang di sampaikan dalam iklan sangat lah jelas.

3.2.2        Pesan ikonik yang terkondekan
    Merupakan konotasi visual yang diturunkan dari penataan elemen-elemen visual dalam iklan

1.Warna
Warna yang digunakan dalam iklan versi indosat dompetku ini sangat dominan kedua macam warna untuk backgroundnya yang sangat dominan adalah warna putih dengan sedikit blur pada bagian belakang model, putih di sini jelas salah satu dari warna cerah untuk kontras dengan kesan menghidupkan dan blur mendukung akan warna terang terhadap tulisan dan pesan yang akan disampaikan dalam iklan. Warna biru sebagai background lebih pada penenkanan program dan kelebihan iklan, Peruntungan yang baik, kebijakan,kepercayaan, loyalitas, kepercayaan, memberi kesan bahwa indosat tidak ketinggalan dalam hal teknologi. Obyek dan gambar biru pada dasarnya dapat menciptakan perasaan yang dingin dan tenang.
Perpaduan warna hijau dan kuning pada model menunjukkan sifat optimistis dari kesuksesan iklan dan pembaharuan atau terobosan baru dalam dunia teknologi. Warna oranye menekankan produk yng memasyarakat dan bersifat universal pada semua kalangan dengan harga yang terjangkau serta keuntungan yang di dapat nantinya.

2.Huruf
Huruf yang digunakan dalam tulisan indosat dompetku menggunakan font times new roman dan perpaduan calibri, font standart yang digunakan dalam Microsoft office word yang sangat sederhana dengan tujuan lambang kesederhanaan. Tulisan tersebut digunakan kecil karena saat ini anak muda Indonesia jika menuliskan kata dalam sms atau di internet (entah chatting, blog, email dan sebagainya) biasanya banyak menggunakan huruf yang kecil. Sedangakan kata kirim uang pasti aman pakai dompetku,di tulis dengan sangat sederhana. Tetapi tulisan huruf “g” pada akhiran kata tidak menggunkan font standart seperti biasanya tetapi menggunakan huruf “g” variasi yang dimana huruf “g” variasi dapat di simbolkan sebagai huruf pengaruh dan sebagai penjelasan dari uang yang beterbangan diatasnya.

3.Baju
Baju di sini lebih melihat pada tren anak muda saat ini yang biasanya cenderung simple tetapi terlihat gaul, seperti pakaian yang digunakan oleh modeling sendiri. Menggunakan baju terusan hijau yang di tutup dengan cardigant warna kuning serta menggunakan kalung yang begitu elegan. Sangat efektif digunakan karena menunjukan bahwa program ini mempunyai karakter yang  merujuk pada kerjasama yang menghasilkan kebahagiaan, kegembiraan, kehangatan, loyalitas, dan merangsang aktivitas mental dan menarik perhatian.
4.Aksessoris
Aksessoros paling terlihat adalah kalung warna cokelat serta uang bertaburan yang sesuai dengan penggambaran bahwa program indosat dompetku sangat bersahabat dan melekat dalam jiwa. Uang sebagai pemanis dalam isi dompet, moddeling menambahkan dengan kalung yang terbuat dari untaian batu-batu kecil berwarna warni yang dominan warna cokelat.

5.Setting dan lokasi
Terlihat background adalah alfamart namun diblurkan karena bukan tertuju ke alfamart melainkan ke program indosat nya, karena tulisan alfamart yang digunakan sudah cukup mewakili pada bagian kanan bawah iklan. grafiti yang biasanya banyak kita jumpai di tembok atau ruang kosong di pinggir jalan.

6.Model
Moddeling sendiri seorang wanita yang simpel dan sederhana namun cukup enak di pandang , artinya sangat cocok untuk di identikan dengan program indosat sekarang yaitu mudah digunakan dan simpel untuk transaksi hanya menggunakan media handphone. Karena tipe kebanyakan orang pada saat ini yaitu ingin cepat,sehingga cukup memakai handphone mereka sudah dapat bertransaksi. Oleh sebab itu menggunakan moddeling ini karena tidak ribet artinya biar menggambarkan program ini mudah dan nyaman.

7.Logo
Indosat sendiri yang di gambarkan dalam bentuk bintang yang berwarna kuning, merah, biru yang menandakan bahwa indosat pangsa pasarnya lebih keanak muda,karena anak muda adalah masa-masa yang lebih cenderung have fun mewarnai hari-hari mereka dengan hiburan tapi tetap positif dan yang bertuliskan indosat, logo ini ditempatkan di kiri pojok bawah tepat pada kotak 3 dimensi.Logo alfamart dicantumkan sebagai media untuk setiap stand indosat yang ada pada setiap alfamart.

8. Layout/tata letak
1.  Sebelah Kiri Atas dan Kanan Atas
       Terdapat logo indosat dompetku (product shot) merupakan balance antara logo dan tujuan indosat dompetku yang tertera pada kanan atas, yaitu uang yang beterbangan melambangkan jangkauan indosat dan waktu pengiriman yang cepat, khususnya pada indosat dompetku dengan segmentasi untuk semua kalangan.
2.    Kanan Tengah
Kanan tengah dengan yang bertuliskan “Kirim Uang Pasti Aman Pakai Dompetku dengan indosat di alfamart” yang merupkan headline dari iklan. Tulisan dan kotak tersebut simbol komunikasi dari indosat dengan media model sebagai perwakilan yang mengatakan “Kirim Uang Pasti Aman Pakai Dompetku dengan indosat di alfamart”. Simbol pengiriman yang bersifat cepat di simbolkan pada point satu. Tampak tanda panah kecil yang mengarah pada model, dengan jelas bahwa panah merupakan simbol bahwa tulisan dalam kotak tersebut merupakan kalimat ajaakan atau pemberitahuan dari indosat yang terwakili dengan model dengan senyuman yang menawan.
3.      Tengah
Pada bagian tengah terdapat artis yang berpose seperti orang yang mempresentasikan indosat dengan arah tangan ke sebelah kanan, dengan maksud menunjukan tujuan indosat seperti pada point satu dan dua.
4.      Bawah (Keuntungan)
Keuntungan dari iklan di cantumkan dibawah karena merupakan terusan dari bagian headline. Setelah menjelaskan maksud dan tujuan dari indosat dompetku selanjutnya di sampaikan keuntungan-keuntungan dari iklan dengan kotak masing-masing disetiap keuntungan. Tujuan dari pengelompokan lebih pada penenkanan atau memperjelas mata pembaca agar terfokus satu persatu.
Setelah keuntungan masih terdapat barisan kalimat yang menunjukan kelebihan dari  indosat dompetku agar pembaca lebih paham dengan maksud iklan indosat dompetku. Ditulis terpisah karena sebagai pelengkap atau penjelas dari keuntungan yang tertera di atasnya.
5.    Bawah (kiri sampai kanan)
Pada bagian bawah dari kiri hingga kanan merupakan tujuan yang sama namun disampaikan dari berbagai media yang berkembang saat ini. Dari sebelah kiri merupakan call center hingga link facebook dan twiter dengan tujuan memudahkan pelanggan jika ada pertanyaan,laynan pelanggan dan sebagainya.
Pada bagian kanan terdapat logo google play,app store, blackberry word dan windows store dengan tujuan menginformasikan bahwa aplikasi indosat dompetku dapat di download secara bebas pada layanan-layanan tersebut sesuai handphone yang dimiliki konsumen.Sedangkan kode QR_CODE (kode batang) dengan tipe URL ( alamat website indosat dompetku) dengan tujuan memudahkan akses website hanya dengan scan code dan kita akan langsung dibawa pada website resmi indosat dompetku.

3.3    Kalkulasi Keungan
Kalkulasi keuangan yaiutu proses analisa keuangan dari model, layout, ukuran dan semua yang terkandung dalam iklan merupakan salah satu analisa dan semuanya perlu diperhitungkan untuk ke efektifan penayangan iklan. Sebagai berikut merupakan kalkulasi dana yang dapat disimpulkan dari iklan indosat dompetku :

P x L (MMK) x Harga + Model
P          = 325 mm
L          = 275 mm
H         = Rp.55.000,-/per mm
Model  = Rp.100.000.000.-
Total    = ?

            = P x L
            = 325 x 275
L          = 89.375
            = L x H
            = 89.375 + 55.000
            = 4.915.625.000
Dapat disimpulkan :
            = L x H + M
            = 89.375 x 55.000 +35.000.000
            = 4.915.625.000 + 35.000.000
            = 4.950.625.000
           
            Dari perhitungan dan perincian di atas dapat disimpulkan harga yang dihitung dari lebar iklan,harga per milimeter dan model yaitu berjumlah : Rp. 4,950.625.000,-


3.4    Penentuan Media
Pasang iklan koran Kompas merupakan strategi yang tepat mengingat Harian Kompas merupakan surat kabar nasional terbesar di Indonesia yang masih tetap eksis hingga saat ini. Dibandingkan Koran nasional lainnya, Kompas memiliki sejarah perjuangan yang lumayan panjang. Faktor sejarah tentunya merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong dan meningkatkan loyalitas pembaca terhadap koran yang dibacanya.
Salah satu alasannya, surat kabar yang diterbitkan oleh PT Kompas Media Nusantara ini juga memiliki jumlah pembaca yang paling banyak. Apalagi dengan jumlah tiras yang mencapai 1 juta eksemplar setiap harinya tentunya merupakan pilihan tepat untuk mempromosikan produk usaha dan bisnis secara lebih luas.
Profil pembaca Kompas berdasarkan survey yang dilakukannya, rata-rata berasal dari kalangan kelas menengah atas dengan Strata Ekonomi serta Sosial tingkat AB, terutama terlihat dari kondisi keuangan dan penghasilannya. Begitu juga dari latar belakang pendidikannya pembaca Kompas, lebih dari 60 persen mempunyai gelar pendidikan tinggi atau setidaknya pernah belajar di bangku perguruan tinggi. Namun, tidak sedikit juga para pembaca dari kalangan mengengah kebawah, dan itu merupakan salah satu alasan mengapa kompas sebagai pilihan media untuk pemasangan iklan indosat dompetku.
Media massa yang mempunyai target pembaca yang jelas dan jumlah tiras besar tentunya sangat penting bagi para pelaku bisnis maupun perusahaan untuk semakin mendekatkan produknya kepada masyarakat luas. Apalagi jika penyebaran dan sistem distribusinya merata di sleuruh wilayah tanah air, sehingga pasang iklan akan memudahkan pelaku bisnis mengkampanyekan produknya secara lebih efektif.

3.5    Keunggulan Pasang Iklan Koran Kompas
Dengan perkembangan teknologi informasi dimana banyak sekali media iklan yang dapat dimanfaatkan. Seperti televisi atau radio yang juga mampu menjangkau konsumen di berbagai pelosok tanah air, maka persaingan media iklan pun akan semakin kompetitif. Kondisi ini tentunya memberikan keuntungan bagi calon pemasang iklan karena memiliki banyak pilihan media untuk melakukan strategi promosi dan kampanye produknya.
Namun dibandingkan media elektronik, memasang iklan di surat kabar cetak mempunyai lebih banyak keuntungan dan manfaat. Selain harga atau tariff iklannya jauh lebih murah, iklan di Koran juga bisa bertahan lama. Konsumen dapat mencari lagi iklan yang pernah dimuat di koran jika diperlukan pada waktu lain dimana hal ini tidak ditemukan di media elektronik. Dengan keunggulan ini saja, iklan koran juga berfungsi ganda, yaitu  sebagai remainding atau pengingat kembali tentang suatu produk jika konsumen lupa.
Selain itu, Harian Kompas juga makin mengukuhkan dirinya sebagai media dengan teknologi mutakhir dengan terbitkan Kompas.com sebagai media daring. Media online yang dikelola oleh PT Kompas Cyber Media ini menyajikan informasi dan berita aktual dan terbaru yang juga didukung oleh sub kanal koran Kompas dalam bentuk digital atau e-paper. Dengan berbagai keunggulan itu, maka pasang iklan koran Kompas merupakan cara promosi yang efektif untuk segmentasi pasarnya.
















Bab VI
Penutup
4.1 Kesimpulan
            Dari paparan perbab dapat disimpulkan bahwa dalam dunia peiklanan diperlukan ketelitian dalam hal analisis hingga pembuatan.
Dalam perencanaan hingga proses pembuatan harus melihat aspek-aspek pendorong suksesnya penyampaian komunikasi satu arh hanya dengan bermodalkan gambar dan tulisan yang bersifat verbal maupun nonverbal.
            Media massa yang mempunyai target pembaca yang jelas dan jumlah tiras besar tentunya sangat penting bagi para pelaku bisnis maupun perusahaan untuk semakin mendekatkan produknya kepada masyarakat luas. Apalagi jika penyebaran dan sistem distribusinya merata di sleuruh wilayah tanah air, sehingga pasang iklan akan memudahkan pelaku bisnis mengkampanyekan produknya secara lebih efektif.

3.2 Saran

            Dalam penulisan makalah analisis ini kami masih menyadari masih banyak kekurangan dari segi susunan maupun penulisan dalam analisis. Kritik dan saran dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini sangat kami harapkan. Segala bentuk kritik dan saran yang bersifat membangun dan baik akan kami terima dan akan kami perbaiki dalam penyusunan maupun penulisan
Indonesia Jl. Perum Landungsari Indah, Landungsari, Dau, Malang, Jawa Timur, Indonesia

2 comments:

  1. Makalahnya sangat membantu kami,, tapi kurang lengkap dengan daftar pustakanya, mohon kalau bisa dilengkapi dgn daftar pustaka..

    ReplyDelete
  2. Makasih saran nya, mungkin daftar pustakanya memang belom ada. Itu asli analisis kami sendiri. Tapi insya Allah diperbarui..
    Thanks

    ReplyDelete

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com