Thursday, October 13, 2016

Contoh Analisa Penelitian Kuantitatif




 Isu Latar Belakang
Mengenai judul diatas yang telah menjadi garis besar dalam skripsi peneliti tentang “PENGARUH MENONTON FILM 5 CM TERHADAP MOTIVASI KUNJUNGAN WISATA KE GUNUNG SEMERU” adalah latar belakang. Berangkat dari latar belakang sudah menunjukan dengan baik karena peneliti bisa menjelaskan gambaran tentang media sebagai salah satu penyampai pesan yaitu media massa.
Perihal tersebut dibagi menjadi tiga bagian yaitu media elektronik meliputi radio dan televisi, media cetak meliputi surat kabar dan majalah, serta film sebagai media komunikasi. Menurut bukunya Sugiyono inti dari latar belakang adalah jawaban atas pertanyaan yang ada dalam rumusan masalah. Oleh sebab itu, ada beberapa faktor yang menjadi isu latar belakang terkait penelitian ini.
Isu latar belakang adalah film sebagai media komunikasi yang efektif. Dari sinilah yang menjadi isu latar belakang karena saat ini film merupakan hal yang efektif untuk mempengaruhi khalayak. Sebab isu tersebut peneliti mengambil judul pengaruh film terhadap respon penonton dan efeknya. Selain hal itu, gejolak perfilman juga menjadi salah satu isu latar belakang yang sebagai media ekspresi seperti yang disebutkan.
Hal itu tidak jarang dengan film yang berpengaruh pada khalayak sangat digandrungi dan dimanfaatkan oleh para pembuat film. Dengan adanya film 5 cm ini mampu mempengaruhi bahwa film yang berkembang dengan orientasi pada hakikatnya menunjukan fakta. Yang menjadi isu latar belakang utama adalah sebab awal ingin mengetahui dan memastikan apakah benar pengunjung Gunung Semeru naik dengan adanya film 5 cm seperti yang dikutip Tempo.co.id.

Masalah Utama
            Sebelum pada masalah utama dalam penelitian ini kiranya kita harus mengetahui tipe –tipe masalah. Tipe masalah menurut Uma Sekaran diklasifikasikan menjadi empat betuk yaitu:
-          Masalah saat ini yang perlu dicarikan jawaban pemecahnya atau solusinya.
-          Masalah yang terjadi pada area tertentu yang memerlukan perbaikan atau pembenahan
-          Masalah yang berhubungan dengan persoalan teoritis yang perlu diteliti guna menjelaskan fenomena yang trjadi.
-          Masalah yang berupa pertanyaan penelitian yang memerlukan jawaban empiris.
Kempat bentuk tipe tersebut telah membantu menemukan masalah utama yang dalam penelitian tersebut. Penelitian ini adalah persoalan teoritis yang akan menjelaskan bagaimana fenomena terjadi dan memiliki efek yang berkelanjutan. Masalah utama dalam penelitian tersebut adalah bagaima dan seberapa besar pengaruh tayangan film. Dengan masalah utama maka peneliti mencoba menemukan sebuah gambaran dan mengaitkan dengan beberapa teori yang mendukung.
Dalam masalah utama bisa digarisbawahi terutama dalam pengaruh yang ada, efek dan bagaimana cara film itu bisa membuat para penonton juga termotivasi sehingga menanamkan sebuah pemikiran yang menarik untuk di teliti. 
Keterkaitan Teori  Fokus Masalah
Pada paparan teori-teori yang tersaji dari berbagai teori yang diambil sangat erat kaitannya dengan fokus masalah yang ada. Fokus masalah telah dijelaskan secara gamplang tentang apa yang akan diteliti yaitu pengaruh dan efek film terhadap penonton.
Teori pertama yang dipakai adalah teori Komunikasi Massa yang merujuk pada pendapat Tan dan Wright dalam Liliweri 1991 yang disebutkan bahwa komunikasi dengan menggunakan saluran (media) dalam menghubungkan komunikator dan komunikan secara massal dan menimbulkan efek tertentu.
Teori pertama yang diambil jelas keterkaitan teori dengan fokus masalah singkron dalam artian tidak terlepas dari pembahasan media dan efek. Cukup menarik dengan ditambah metode penelitian yang sedemikian sehingga lebih memperkuat fokus masalah yang diangkat dengan berbagai teori yang mendukung pula.
Gambaan dan paparan fokus masalah seimbang dengan teori kedua yang diambil yaitu efek kehadiran media massa. Dalam runut kajian keterkaitan teori ini dengan fokus masalah yang mana di jelaskan bahwa dengan adanya media melibatkan sejumlah efek. Terutama dalam penelitian ini kehadiran media memberikan efek seperti kasus dalam film yang diangkat dengan judul 5 cm. Dalam keterkaitan ini efek dari media itu sendiri mampu membuat pengunjung Gunung Semeru lebih banyak setelah film 5 cm tayang.                                                                                      


Indonesia Sumbersekar, Dau, Malang, East Java, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com