Saturday, October 22, 2016

Inspiratif, Mencontoh Kebiasaan Semut untuk Menjalani Kehidupan Ini


Kehidupan realita banyak mengajarkan hal terkhususnya kita sebagai makhluk yang saling membutuhkan satu dengan yang lainnya. Akan tetapi dalam hal itu biasa kita memiliki sifat dan kebiasaan buruk sehingga dapat memecah belah ikatan. Penyebab utama adalah ketidakmampuan dalam menerima kenyataan dan salah dalam menyikapi permasalahan yang ada. Kebiasaan buruk yang sering dialami adalah efek tingginya egois dan rasa kurang kompak dalam menjalin sebuah hubungan interaksi. Kelemahan kita adalah kurang mengerti dalam hal tersebut alih-alih kita sering menyalahkan jika terjadi permasalahan. Oleh sebab itu, luangkan waktu untuk membaca tulisan ini Insya Allah dapat termotivasi.

Tulisan ini berisi kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan semut dalam dunia hewan yang melangsungkan kehidupannya. Philosopi semut jika kita cermati di sekeliling kita sangat unik dan dapat membantu kita dalam memaknai kehidupan. Akan tetapi kita kurang peka bahkan sombong tidak mau belajar dari makhluk lainnya, beranggapan paling sempurna. Padahal disebut manusia sempurna, begitu juga manusia yang sempurna ngeluhnya. Kebanyakan dari kita banyak ngeluh dan sedikit kerja sehingga pencapaian yang diinginkan tidak terpenuhi. Berikut kebiasaan semut yang harus kita tiru supaya kita lebih memaknai kehidupan tanpa mengecewakan dan banyak mengeluh.

Memiliki Tujuan yang Jelas dan Penuh Persiapan
Philosopi kebiasaan yang dimiliki semut ini sangat unik, kalau kita cermati semut sangat aktif berjalan dan tidak pernah diam dalam menuju tujuan. Tidak pernah berhenti dan menyerah dengan kesiapan yang yang tertata rapi tanpa ragu-ragu. Sebagai makhluk yang sempurna kadang kalanya kita malah banyak mengeluh dengan keadaan. Terlalu mengharapkan sesuatu yang mewah tapi tanpa persiapan yang rapi, jika tidak berhasil menyalahkan keadaan dan Tuhan.

Kompak dalam Melakukan sebuah Pekerjaan Team
Kalau kebiasaan semut yang satu ini sudah tidak dapat diragukan lagi, karena semut sudah terkenal dengan kekompakan team. Tanpa sengaja kadang kita melihat seekor semut yang menemukan makanan besar dihadapannya. Semut tersebut akan mencoba membawanya dengan kemampuan yang ada, dan jika tidak mampu semut itu akan meninggalkan makanan tersebut dan meminta bantuan. Gerombolan semut pun mulai berdatangan untuk membawa makanan tersebut kesarangnya. Gambaran diatas, kita akan paham makna kekompakan, kekompakan dalam melakukan apapun akan lebih ringan dan menyenangkan hasilnya.

Rapi dan Patuh Terhadap Pemandu
 “Berdatangan menyerbu, berderet menyatu” iya itulah kebiasaan semut yang membuat takjub. Kita paham dengan semut ketika melihat visual anime yang menggambarkan komando dari pemandu semut. Satu komando mampu membuat ratusan semut patuh dan dapat berbaris rapi dalam menjalankan pekerjaannya. Harusnya kita juga wajib mencontoh kebiasaan semut ini karena kita sekarang kurang rapi dan kurang patuh dalam bentuk yang kiranya kita tidak sukai.

Demikian tulisan tentang kebiasaan semut dan hal yang harus dipelajari dari semut, semoga bermanfaat dan memberikan sedikit motivasi. Bukan lagi mengeluh dan menyalahkan siapapun dalam menjalankan kehidupan. Intinya jika kita kompak akan lebih mudah dan ketika kita patuh akan membuat kita tenang.
Indonesia Sumbersekar, Dau, Malang, East Java, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com