Tuesday, October 18, 2016

Artikel Tekhnologi Ciptakan Generasi Idiot Era Ini

Tekhnologi belakangan ini semakin berkembang dengan pesat dan tumbuh merevolusi kita. Pada kenyatannya semua kalangan muda-mudi mendewakan tekhnologi di era modern sekarang ini. Tidak hanya kalangan muda-mudi bahkan kalangan kaum tua juga gandrung akan tekhnologi, parahnya lagi anak-anak yang masih dibawah umur. Tekhnologi sebagai kebutuhan memang dapat membantu dan meringankan pekerjaan manusia. Akan tetapi semakin hari semakin jauh dari peranan tekhnologi itu sendiri dan sekarang jauh lebih berbalik arah. Prakteknya sekarang banyak yang menggandrungi tekhnologi seoalah-olah tekhnologi adalah segalanya. Banyak yang tidak sadar, bahwa tekhnologi mampu memperbudak dalam konteks tertentu. Umumnya praktek-praktek itu banyak menumbuhkan bibit-bibit idiot yang semakin banyak.

“Pada dasarnya aku takut pada hari dimana tekhnologi akan melampui interaksi manusia, dunia akan memiliki generasi idiot (Albert Einsten). Kutipan tersebut adalah kalimat ilmuan yang hebat yang memprediksikan generasi masa depan (sekarang). Jika kita paham dan tahu akan maksud yang disampaikan Einsten tentu kita akan menyimpulkan kalimat “ Benar juga ya”. Jelas sekarang ini tumbuh bibit-bibit idiot yang samakin dekat dengan kita baik itu dari kalangan muda maupun tua. Hakikatnya kita sebagai manusia adalah manusia sosial yang membutuhkan interaksi dengan makhluk lainnya. Bukan lantas dengan dimanjakan tekhnologi kita lupa akan peran dan fungsi kita sebagai makhluk sosial. Jelas makhluk sosial adalah makhluk yang saling membutuhkan dan berinteraksi satu dengan yang lannya. Namun semakin jauh semakin kurang akan kesadaran tentang hal itu karena pengaruh tekhnologi yang semakin merajalela.

Banyak yang mengabaikan pentingnya interaksi sosial, nyatanya sekarang yang dekat dianggap jauh dan sebaliknya yang jauh seolah-olah sangat dekat. Itu sudah menjadi realita dan banyak kekhawatiran yang akan ditimbulkan terutama pada generai-generasi selanjutnya. Penggunaan dan efek tidak bijak dalam penggunaan tekhnologi ini menjadi bahasan yang sangat penting. Banyak hal-hal yang timbul dengan adanya tekhnologi yang semakin canggih baik itu dampak positif maupun negatif. Dampak tekhnologi yang terang-terangan dan sering dijumpai sekarang adalah waktu belajar semakin kurang. Jelas dengan tekhnologi yang mampu memanjakan kita membuat lupa akan segalanya. Menghabiskan waktu lebih banyak menggunakan tekhnologi dianggap lebih asyik dari pada belajar. Lebih-lebih hilangnya interaksi sosial karena tekhnologi yang menyediakan berbagai macam kebutuhan.
           
Indonesia Sumbersekar, Dau, Malang, East Java, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com