Thursday, November 12, 2015

Contoh dan Soal Jawaban Manajemen Pikol


Soal
1.      Jelaskan peranan masing unsur menejement “ PIKOL” ?
2.      Jelaskan mengapa menejemen itu penting?
3.      Perencanaan yang bagus adalah 50% keberhasilan.Jelaskan keberhasilan tersebut!
4.      SWOT adalah model perencanaan, jelaskan!
5.      Stategi penyelesaian SO berbeda dengan WO, jelaskan !
6.      Dalam sistem menejemen SDM ada istilah “orang yang tepat pada jabatan yang tepat “Jelaskan !
Jawaban
1.      Peranan unsur menejemen “ PIKOL”
·         Pimpinan
Peran yang pertama adalah sebagai hubungan interpersonal yang artinya menyeleksi, mempekerjakan, melatih, dan mendisiplin kan karyawan. Selain itu pemimpin berperan menjalankan tugas seremonial yang artinya sebagai penyambut tamu dan pemimpin berperan dalam hubungan lembaga di luar.
Peran yang kedua adalah sebagai informasional yang artinya pemimpin juga dituntut untuk mengumpulkan informasi – informasi dari luar.
Peran yang ketiga adalah sebagai pengambil keputusan yang artinya pemimpin bertanggung jawab atas kinerja organisasi dengan mengoreksi yang mana sudah baik dan yang belum baik. Pemimpin juga berperan sebagai penanggung jawab terhadap pengelokasian sumber daya manusia, fisik, dan keuangan.
·         Individu
Individu merupakan komponen vital, jadi peranan individu sangat lah beragam dan mempunyai keterkaitan. Salah satu peran individu ialah berpartisipasi dalam suatu kinerja untuk memaksimalkan sebuah pekerjaan.
·         Kelompok
Suatu kelompok pada dasarnya  adalah sekumpulan individu yang anggotanya saling ketergantungan satu sama lain dalam melaksanakan kinerja secara berstruktur.

·         Organisasi
Artinya adalah ;langkah untuk menetapkan,menggolongkan dan mengatur berbagai macam kegiatan,menetapkan tugas pokok ,pendelegasian wewenang oleh pimpinan kepada staf dalam rangka mencapai tujuan organisasi itu sendiri. Dalam hal ini peranan organisasi dalam menejemen itu sendiri adalah sebagai alat untuk memedukan ( sinkronisasi) dan mengatur semua kegiaatan yang ada kaitan nya dengan personil ,finansial,materil dan tata cara untuk mencapai tujuan organisasi yang telah di sepakati bersama.G nya dengan personi
·         Lingkungan
Lingkungan ini sangat lah penting dan peranan lingkungan itu sendiri ialah sebagai salah satu yang dapat mempengaruhi kelangsungan eksistensi, keberadaan baik dari dalam maupun dari luar.
Lingkungan eksternal berperan sebagai alat mempertukarkan sumber dayanya dengan organisasi tersebut dan tergantung satu sama lain.
Lingkungan Internal berperan sebagai implikasi yang langsung dan khusus pada suatu perusahaan.

2.      Menejemen berasal dari kata to manage yang artinya mengatur.menejemen juga adalah suatu proses, kolektivitas yang melakukan aktivitas dan menejemen adalah art atau seni. Jadi jelas mengapa menejemen itu sangat penting, karena menejemen merupakan seni untuk mencapai tujuan yang nyata dan mendatangkan hasil atau manfaat. Pada dasarnya menejemen itu penting karena: Pekerjaanitu berat dan sulit untuk dikerjakan sendiri,sehingga dibutuhkan pembagian kerja,tugas dan tanggungjawab, penyelesaian.
Perusahaan akan berhasil baik jika menejemen diterapkan dengan baik. Menejemen menetapkan  tujuan untuk mewujudkan prses menejemen .Menejemen mengakibatkan pencapaian tujuan secara teratur. Menejemen merupakan suatu pedoman pikiran dan tindakan.

3. Perencanaan yang di maksud tersebut adalah;
Bahwa perencanaan wajib dituangkan secara tertulis. Perencanaan tersebut membuat pengaruh tubuh, hati, fikiran, mengerti hal yang akan dilakukan yang bagaimana  akan dimulai nantinya. Tentukan tujuan yang ingin dicapai. Artinya harus mengetahui apa yang akan menjadi target dan capaian, sehingga m jangkauan itu tentunya membutuhkan waktu dan perencanaan yang memang tepat (50%)  dengan memanfaat kan perencanaan sebagai alternatif untuk membuat lebih mudah dan efektif dan fokus pada tujuan yang ingin di tuju. Disusun dalam tugas dan tanggung jawab, dimana setiap perencanaan harus membagi setiap pekerjaan sesuai dengan masing masing bidangnya. Dan yang terpenting adalah menentukan preoritas dimana hal ini kita bisa membagi waktu dengan baik. Melakukan review pada list atau jadwal yang sudah kita buat dan pekerjaan yang telah selesai di lakukan.

4. Penjelasan perencanaan SWOT
SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (S), kelemahan (W), peluang (O) dan ancaman dalam suatu proyek atau spekulasi dalam hal  perencanaan menejemen. Ke empat itulah yang membuat akronim SWOT yang bertujuan menentukantujuan yang spesifik dari spikulasi menejemen.

5.Perbedaan strategi SO dengan WO adalah
Strategi SO ( Strength- Opportunity). Strategi ini menggunakan kekuatan internal untuk meraih peluang – peluang yang ada di luar. Umumnya dalam strategi SO ini mau tidak mau harus mengatasi kelemahan itu sendiri agar menjadi lebih kuat. Sedangkan jika banyak permasalahan ataupun banyak ancaman  harus tetap berusaha menghindarinya dan berusaha berkonsentrasi pada peluang – peluang yang ada. Sedang kan strategi WO (Weakness- Opportunity). Strategi ini berusaha untuk memperkecil kelemahan internal dengan memanfaatkan peluang-peluang eksternal. Dan WO ini merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah kesenjangan dengan cara mengadakan suatu kerja sama dengan yang lainnya.

6.Para karyawan dipandang sebagai suatu investasi yang  jikalau dikembangkan dan dikelola secara efektif  akan memberikan imbalan jangka panjang dalam bentuk produktivitas lebih besar.
Manajer menyusun berbagai kebijakan, program dan praktek yang memuaskan kebutuhan ekonomi dan kebuttuhan emosional karyawan.

Nah, dari sampel diatas sudah jelas, kenapa orang yang tepat pada jabatan yang tepat. Alasan, Tidak mungkin seorang karyawan mengambil alih ataupun membuat dirinya seperti manajer, begitu pula sebaliknya manajer tidak akan melakukan apa yang sudah menjadi tanggung jawab karyawan.

Indonesia Jl. Mertojoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com