Wednesday, November 11, 2015

Tekhnologi Masa Depan ‘ Mesin Pengupas Jengkol’

A.    Deskripsi
-          Teknis
Secara teknis J-kop ini merupakan mesin yang pengoperasian menggunakan listrik, selain itu dalam penggunaan nya memerlukan setting yang harus ada operatornya. Mesin ini memiliki cara kerjanya dengan penggunaan penumbuk yang sanagat optimal karena sesuai settingan penumbuk ini akan bekerja secara cepat, dan juga bisa lambat tergantung pemakainya. Dalam mesin ini cara kerjanya menggunakan penumbuk yang terbuat dari besi untuk memecahkan dan mengupas kulit jengkol. Mesin ini akan bekerja secara otomatis setelah setting nya dan tombol power di hidupkan.
-          Komposisi
Mesin pengupas jengkol ini tersusun secara seimbang karena pemanfaatan listrik yang memerlukan beberapa watt saja, oleh sebab itu pemakai tidak lagi khawatir karena membayar listrik mahal. Selain itu tersusun dari beberapa body yang memiliki keseimbangan untuk sistem kerjanya.
-          Bahan
Bahan yang digunakan untuk pembuatan mesin adalah beberapa besi yang memiliki memiliki kualitas untuk penumbuk nya, dan beberapa alumunium dan kaca untuk body mesin dan tempat penyettingan.
-          Desain
Secara desain mesin pengupas jengkol ini terlihat besar, J-kop ini didesain dengan body yang pertama adalah box untuk sistem mesinnya,  yang kedua box untuk penumbuk dan alat settingnya dan keetiga adalah penyangga. Penyanga  terdiri dari beberapa bagian seperti penyangga tinggi dan penyangga pendek.Namun keunggulannya setiap body dapat dipisahkan karena memiliki sistem bongkar pasang, yang juga salah satu keunggulan dari mesin ini. Desain tidak terlalu dibuat menarik dan elegan karena dalam tahap penyesuaan harga dan perekonomian masyarakat di kalangan menengah. dan Desain dapat dilihat dari gambar berikut :
 




B. Tentang Merk
J-Kop merupakan merk baru yang di ciptakan oleh sebuah perusahaan, merk J-kop sendiri memiliki sebuah pilosophy yang sangat erat kaitannya dengan nama perusahaan dan untuk pengoperasian nya. J-Kop diambil dari sebuah nama perusahaan nya sendiri yaitu Pt. Jaya Kopetensi 97 dan kemudian di singkat menjadi J-Kop.
Selain pilosophy dari nama perusahaan J-Kop mrukan merk yang unik karena memiliki sebuah pilosophy dengan pengoperasiannya yaitu nama yang terdiri dari huruf J yang di pisah dengan tanda strip dan kemudian belakang nya kop artinya J adalah jengkol dan Kop sendiri artinya kupas operasi. Artinya operasi kupas jengkol, sesuai dengan kegunaan dan pengoperasian nya. Sekilas makna yang terkait dalam merk.
Merk J-Kop merupakan tekhnologi mesin pengupas jengkol jebolan dari perusahaan Jaya Kopetensi 97. Merk ini dirancang dan dibuat untuk membantu dan lebih mempermudah dalam penyelesaian masyarakat yang setiap tahunnya panen jengkol sampai berpuluh-puluh ton. J-kop merupakan mesin yang dirancang dengan pengoperasian menggunakan listrik.
J-Kop merupakan mesin pengupas jengkol yang dirancang dengan cara kerja cepat saat penggunaannya. J-Kop di desain dengan sederhana karena menyesuaikan dengan perekonomian masyarakat yang penchariannya menengah keatas.
J-Kop memiliki keunggulan yang sangat signifikan yaitu selain dalam pengoperasian nya secara cepat J-Kop juga dapat dibawa kemana-mana karena sistem perangkainnya yang menggunakan bongkar pasang.
J-Kop yang pengoperasian mengandalkan penumbuk kanan dan kiri yang bekerja secara otomatis dan memiliki keunggulan yang mudah karena pemanfaatan daya setting nya bisa di atur sesuai dengan keinginan konsumen.
C. Segmenting ( Segmentasi ) , Targeting ( Sasaran / Target ) , Positioning ( Posisi )
  • Segmenting ( Segmentasi )
1.      Geografis     : Seluruh wilayah Indonesia, terutama penghasil perkebunan jengkol terbesar.
2.       Psikografis  :  Pola kerja yang konsumtif, praktis dan dan cepat.

·         Targeting ( Sasaran / Target )
Target pasarnya dalah semua kalangan pemilik kebun dan para juragan jengkol kecuali pegawai.
·         Positioning ( Posisi )
1.      Menanamkan di benak konsumen bahwa J-kop adalah mesin pekebun Indonesia, dengan desain yang sangat kompleks, sehingga sesuai dengan kebutuhan dan pemakaiannya yang secara cepat”.
2.      Mesin kupas buah jengkol yang praktis dan mudah untuk digunakan, dapat dibawa kemana-mana.

D. Media Promosi
Media Untuk Promosi mesin canggih ini lebih mengandalkan yang memiliki visual yang jelas yaitu ;
-          Televisi
Dengan kondisi geografis dan jangkauan yang sangat sulit untuk mengakses internet dan radio apalagi koran, maka untuk promosi brand ini mengambil media telivisi untuk memprkenalkan produknya. Karena media telivisi sebagian besar daerah sudah pasti ada dan mudah akses nya tetapi media lain belum tentu bisa secara efektif. Lagi pula media televisi lah yang sering dikonsumsi oleh masyarakat pedesaan. Sebab itu untuk  lebih membuat konsumen mengerti dan tahu cara pemakaian produk karena keunggulan visual media televisi itu sendiri.
E. Harga

            Sebuah tekhnologi mesin yang di buat dengan tujuan mempermudah dalam membantu pekerjaan para pekebun, maka perusahaan juga menyesuaikan dengan desain dan alat –alat yang digunakan tidak terlalu mewah namun memiliki kualitas yang maksimal. Dalam penetapan harga perusahaan telah memperhitungkan layak atau tidak nya oleh sebab itu perusahaan menentukan harga yang cukup familiar yaitu secara perhitungan yang matang maka brand ini dihargai 7.1 juta. Dalam jangkauan yang semakin hari jengkol menjadi penguasa pasar, dengan harga tinggi dan bisa di panen pertahun dengan penghasilan ton ton nan, maka mereka tidak bisa memungkiri untuk memiliki barang yang praktis dan mudah ini dalam masa pembelian sekali.
Indonesia Jl. Mertojoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com