A.
Deskripsi
-
Teknis
Secara teknis J-kop ini merupakan mesin yang pengoperasian menggunakan
listrik, selain itu dalam penggunaan nya memerlukan setting yang harus ada
operatornya. Mesin ini memiliki cara kerjanya dengan penggunaan penumbuk yang
sanagat optimal karena sesuai settingan penumbuk ini akan bekerja secara cepat,
dan juga bisa lambat tergantung pemakainya. Dalam mesin ini cara kerjanya
menggunakan penumbuk yang terbuat dari besi untuk memecahkan dan mengupas kulit
jengkol. Mesin ini akan bekerja secara otomatis setelah setting nya dan tombol
power di hidupkan.
-
Komposisi
Mesin pengupas jengkol ini tersusun secara seimbang karena pemanfaatan
listrik yang memerlukan beberapa watt saja, oleh sebab itu pemakai tidak lagi
khawatir karena membayar listrik mahal. Selain itu tersusun dari beberapa body
yang memiliki keseimbangan untuk sistem kerjanya.
-
Bahan
Bahan yang digunakan untuk pembuatan mesin adalah beberapa besi yang
memiliki memiliki kualitas untuk penumbuk nya, dan beberapa alumunium dan kaca
untuk body mesin dan tempat penyettingan.
-
Desain
Secara desain mesin pengupas jengkol ini terlihat besar, J-kop ini
didesain dengan body yang pertama adalah box untuk sistem mesinnya, yang kedua box untuk penumbuk dan alat
settingnya dan keetiga adalah penyangga. Penyanga terdiri dari beberapa bagian seperti penyangga
tinggi dan penyangga pendek.Namun keunggulannya setiap body dapat dipisahkan
karena memiliki sistem bongkar pasang, yang juga salah satu keunggulan dari
mesin ini. Desain tidak terlalu dibuat menarik dan elegan karena dalam tahap
penyesuaan harga dan perekonomian masyarakat di kalangan menengah. dan Desain
dapat dilihat dari gambar berikut :
B. Tentang Merk
J-Kop merupakan merk baru yang di ciptakan oleh sebuah perusahaan, merk
J-kop sendiri memiliki sebuah pilosophy yang sangat erat kaitannya dengan nama
perusahaan dan untuk pengoperasian nya. J-Kop diambil dari sebuah nama
perusahaan nya sendiri yaitu Pt. Jaya Kopetensi 97 dan kemudian di singkat
menjadi J-Kop.
Selain pilosophy dari nama perusahaan J-Kop mrukan merk yang unik karena
memiliki sebuah pilosophy dengan pengoperasiannya yaitu nama yang terdiri dari
huruf J yang di pisah dengan tanda strip dan kemudian belakang nya kop artinya
J adalah jengkol dan Kop sendiri artinya kupas operasi. Artinya operasi kupas
jengkol, sesuai dengan kegunaan dan pengoperasian nya. Sekilas makna yang
terkait dalam merk.
Merk J-Kop merupakan tekhnologi mesin pengupas jengkol jebolan dari
perusahaan Jaya Kopetensi 97. Merk ini dirancang dan dibuat untuk membantu dan
lebih mempermudah dalam penyelesaian masyarakat yang setiap tahunnya panen
jengkol sampai berpuluh-puluh ton. J-kop merupakan mesin yang dirancang dengan
pengoperasian menggunakan listrik.
J-Kop merupakan mesin pengupas jengkol yang dirancang dengan cara kerja
cepat saat penggunaannya. J-Kop di desain dengan sederhana karena menyesuaikan dengan
perekonomian masyarakat yang penchariannya menengah keatas.
J-Kop memiliki keunggulan yang sangat signifikan yaitu selain dalam pengoperasian
nya secara cepat J-Kop juga dapat dibawa kemana-mana karena sistem
perangkainnya yang menggunakan bongkar pasang.
J-Kop yang pengoperasian mengandalkan penumbuk kanan dan kiri yang
bekerja secara otomatis dan memiliki keunggulan yang mudah karena pemanfaatan daya
setting nya bisa di atur sesuai dengan keinginan konsumen.
C. Segmenting ( Segmentasi ) , Targeting
( Sasaran / Target ) , Positioning ( Posisi )
- Segmenting
( Segmentasi )
1. Geografis : Seluruh wilayah Indonesia, terutama
penghasil perkebunan jengkol terbesar.
2. Psikografis : Pola kerja yang konsumtif, praktis dan
dan cepat.
·
Targeting ( Sasaran / Target )
Target pasarnya dalah semua kalangan
pemilik kebun dan para juragan jengkol kecuali pegawai.
·
Positioning ( Posisi )
1. Menanamkan di benak konsumen bahwa J-kop adalah mesin pekebun Indonesia,
dengan desain yang sangat kompleks, sehingga sesuai dengan kebutuhan dan
pemakaiannya yang secara cepat”.
2. Mesin kupas buah jengkol yang praktis dan mudah untuk digunakan, dapat
dibawa kemana-mana.
D. Media Promosi
Media
Untuk Promosi mesin canggih ini lebih mengandalkan yang memiliki visual yang
jelas yaitu ;
-
Televisi
Dengan
kondisi geografis dan jangkauan yang sangat sulit untuk mengakses internet dan
radio apalagi koran, maka untuk promosi brand ini mengambil media telivisi
untuk memprkenalkan produknya. Karena media telivisi sebagian besar daerah
sudah pasti ada dan mudah akses nya tetapi media lain belum tentu bisa secara
efektif. Lagi pula media televisi lah yang sering dikonsumsi oleh masyarakat
pedesaan. Sebab itu untuk lebih membuat
konsumen mengerti dan tahu cara pemakaian produk karena keunggulan visual media
televisi itu sendiri.
E. Harga
Sebuah tekhnologi mesin yang di buat
dengan tujuan mempermudah dalam membantu pekerjaan para pekebun, maka
perusahaan juga menyesuaikan dengan desain dan alat –alat yang digunakan tidak
terlalu mewah namun memiliki kualitas yang maksimal. Dalam penetapan harga
perusahaan telah memperhitungkan layak atau tidak nya oleh sebab itu perusahaan
menentukan harga yang cukup familiar yaitu secara perhitungan yang matang maka
brand ini dihargai 7.1 juta. Dalam jangkauan yang semakin hari jengkol menjadi
penguasa pasar, dengan harga tinggi dan bisa di panen pertahun dengan
penghasilan ton ton nan, maka mereka tidak bisa memungkiri untuk memiliki barang
yang praktis dan mudah ini dalam masa pembelian sekali.
0 komentar:
Post a Comment