Tuesday, November 22, 2016

Desa Podorukun, Kabupaten Kayong Utara




Sejarah telah melahirkan desa kecil yang berpotensi untuk pemerataan pertumbuhan dan pembangunan negara. Lahir dari sejarah panjang membentuk dan terstruktur rapi menjadi sekarang ini, tepat desa Podorukun. Podorukun merupakan salah satu desa yang terdapat di wilayah Indonesia yang sangat jauh jangkauan dari pada ibu kota. 

Letak geografis desa Podorukun yang tercatat menjadikan salah satu desa yang terletak di area Kabupaten Kayong Utara –Kalbar. Lahir dan tumbuh berpuluh tahun yang lalu, tepat jika mengingat sejarah panjang masa kepemimpinan Soeharto. Tahun 1984, awal mula Soeharto menerapkan program Transmigrasi ke desa Podorukun ini.


Tercatat dalam masa ke masa dari zaman hutan blantara dengan penduduk mayoritas berasal dari pulau jawa menjadikan Podorukun semakin membaik kondisi sekarang ini. Cerita berbicara masa itu adalah masa gelap, masa sulit yang harus ditantang oleh setiap penduduk transmigrasi. Fakta yang tercatat banyak yang bertahan, banyak pula yang kembali ke pulau jawa bahkan pergi ke daerah lain.

Tidak akan selesai dengan cerita, mengetahui kondisi yang dulu sangat parah yang digambarkan hidup dihutan blantara bersama binatang buas. Namun, semua itu telah ditaklukan oleh tetua-tetua yang mungkin sejauh ini mereka masih bertahan dan menciptakan Podorukun yang lebih baik. Masa perkembangan, segi penerangan yang mulai ada sejak tahun 2000 an menjadikan tanda awal Podorukun akan menjadi desa yang berkembang.

Podorukun merupakan salah satu desa yang memiliki pola perpindahan, awal yang mengikuti kecamatan Simpang Hilir kini beralih ke kecamatan Seponti. Berbicara mata pencaharian masyarakat juga mengalami perpindahan yang bertahap, dulu yang mayoritas sebagai pekerja kayu (mbalok) kini lebih baik atas peradaban.

Rata-rata sekarang ini untuk mata pencaharian masyarakat adalah petani atau pekebun, meski ada sebagian wirausaha dan lain sebagainya. Ditandai dengan penduduk perkapita yang kebanyakan memiliki kebun karet sebagian kebun kopi menjadikan arah perubahan jalur perekonomian masyarakat Podorukun itu sendiri. 

Dengan mayoritas bermata pencaharian sebagai petani atau pekebun yang dulunya tidak terlalu memperhatikan pendidikan, kini sudah mulai beralih jalur. Pendidikan dulu dianggap hanya sebuah formalitas, selsai lulus SD, SMP, ataupun SMA ya sudah itu tarafnya sudah cukup baik. Namun berbeda di era sekarang, masyarakat yang mulai peduli dan membutuhkan sejauh ini akan tercatat beberapa sarjana-sarjana yang akan berpengaruh dalam desa Podorukun.

Sejauh ini perkembangan masyarakat, pertumbuhan dan pembangunan desa sudah mulai tampak dan jelas. Semua didasari oleh program-program yang terencana dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Segi pembangunan yang jelas dan tampak adalah berbagai aspek penunjang bentuk kesiapan desa Podorukun sendiri. Semua terangkum dalam visi misi desa yang ada dalam struktur organisasi besar desa.

Berbagai hal yang terdapat dalam desa podorukun sangat banyak, rangkuman dari rekaman sejarah yang tercatat akan menjadikan Podorukun akan lebih baik. Melihat kenyataan yang ada memang terlihat seperti daerah terpencil, daerah tidak maju tapi perlu diingat semua beproses dan berkembang dengan penyesuaian baik itu perekonomian dan lainnya yang terdapat di dalamnya.

Demikian profil atau gambaran tentang Podorukun yang dapat dijadikan acuan untuk lebih baik karena berkaca dan mengingat masa yang berlalu. Perkembangan dan pemberlakuan program yang ada akan membuat Podorukun akan semakin baik, lantara kerjasama pemimpin dan masyrakat setempat.


Indonesia Dau, Malang, East Java, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com