Tuesday, November 1, 2016

Sabar! Ini Alasan Orang Tua Belom Mau Tinggal Dirumah Kita


Jauh dengan orang tua memang rasanya susah-susah gampang, mengingat sekian lama bersama rasa rindu dengan orang tua terkadang melonjak. Bukan alasan lagi apalagi seorang isteri yang pastinya akan mengikuti jejak suami kemanapun suami pergi. Apalah daya jika semua sudah menjadi pilihan, terkadang alasan lain meninggalkan orang tua untuk merantau dengan tujuan merubah nasib. 

Sekian lama merantau dengan pasangan hidup terasa kecukupan segala kebutuhan yang diinginkan. Semua yang dilakukan dengan usaha, jerih payah, pengorbanan dan dengan keberhasilan kita terkadang sebagai anak berencana mengajak orang tua tinggal bersama. Semua itu dilakukan sebagai wujud bakti dan rasa hormat untuk  membahagiakan orang tua.

Namun ketika kita memiliki rencana mulia tersebut, tentu semua tidak seperti yang kita pikirkan. Sering orang tua menolak, dan kita salah paham dengan keinginan orang tua yang tidak sepemahaman dengan kita sebagai anak. Sering juga kita marah-marah tidak jelas karena orang tua menolak ajakan kita, beranggapan orang tua kita sulit diatur. Namun ketahuilah kita sebagai anak harusnya lebih mengerti apa sebenarnya alasan orang tua, sampai-sampai tidak mau tinggal bersama kita untuk menikmati hidup di rumah yang sudah kita capai.

Berikut beberapa alasan mengapa orang tua tidak mau tinggal bersama di rumah kita, dan kita sebagai anak yang bijak harusnya bisa mengerti kondisi dan paham dengan orang tua kita. 

Masih Mampu Sendiri
Alasan pertama ketika kita memiliki orang tua yang tidak mau tinggal bersama di rumah kita adalah mereka menganggap dirinya masih mampu melakukan aktivitas keseharian. Mereka masih mampu dalam bentuk fisik dan kebutuhan secukupnya yang dimiliki. Nah sebagai anak harus bisa mengerti dengan kondisi seperti ini. Suatu saat ketika fisiknya sudah lemah jangan khawatir kita sebagai anak akan kebagian untuk berbakti, mau tidak mau mereka akan nurut dan ikut bersama kita.

Tidak Ingin Merepotkan Anak
Alasan mereka terkadang tidak masuk akal, anggapan kita dulu mereka yang pernah membesarkan dan kita bisa menjadi sekarang ingin membuat orang tua juga menikmati hasil kita. Namun kita seringnya salah paham, dan malah cek cok dengan orang tua. Alangkah baiknya kita maklumi, toh kita juga bisa memberikan hasil kita tanpa memaksa orang tua tinggal bersama kita. Mungkin walau sekedar gubuk sederhana mereka akan lebih nyaman karena berusaha tidak merepotkan kita. 

Lebih Enak di Rumah Sendiri
Kita juga pernah merasakan mungkin selepas menikah kita berkeinginan cepat-cepat punya rumah sendiri. Menganggap dengan berumah sendiri akan jauh lebih enak dengan kondisi apapun. Kita juga harus sadar jika merasa demikian, kenapa orang tua kita tidak ingin tinggal bersama, karena mereka juga lebih nyaman dengan rumah sendiri.

Tidak Tega Meninggalkan Rumah
Pernah suatu ketika pertanyaan membujuk dengan sengaja dari seorang anak kepada orang tuanya “Bapak ibu kan sudah tua, apa sebaiknya tidak ikut tinggal bersama kita?”. Mengukur kemampuan kita memang mewujudkan ini sulit, Karena orang tua sebagian besar tidak rela dan tega meninggalkan rumahnya. Hal itu didasari rasa belum terbiasanya meninggalkan rumah yang begitu cepat, kita sebagai anak alangkah baiknya sabar, pahami dan berdoalah suatu saat pasti mereka akan mau tinggal bersama kita apapun alasannya.

Rindu Tetangga, Nanti Gimana?
Alasan ini sebagian orang tua mengalami, sebagian juga tidak terlalu proritas tapi sebagai anak kita harus tahu dan paham.  Orang tua kita tidak mau ikut pindah dengan alasan satu ini cukup banyak dijumpai. Mereka menganggap tetangga adalah partner hidup dan begitu akrab, sudah terbiasa apalagi sudah bertahun-tahun bersama pasti mereka secara tidak langsung akan merindukan namanya tetangga. Jadi dalam hati mereka walau kita adalah anaknya mereka terasa berat meninggalkan tetangga, karena sudah lama juga terjalin sebuah hubungan yang begitu erat.

Bingung Nanti Mau Ngapain
Alasan ini banyak dijumpai rata-rata orang tua, alasan mereka jika ikut bersama kita nanti bingung mau ngapain. Jadi mereka lebih memutuskan untuk tetap tinggal di rumah sendiri, karena sudah terbiasa akan melakukan aktivitas-aktivitas rutin di rumah. Meskipun sudah termakan usia, jika fisiknya masih mampu pasti mereka tidak mau tinggal diam dirumah, bawaannya mesti ingin serabutan. Nah kalau sudah tahu alasan mereka yang seperti ini, alangkah baiknya kita jangan pernah memaksa. Ikuti apa yang diinginkan orang tua, dan perlahan memberi pandangan dan mengajak dengan baik.

Takut Tidak Ada Teman
Alasan ini wajar dan umum, orang tua kita tentu sudah lama tinggal di rumah dengan banyak teman di lingkungan. Jika mereka tiba-tiba kita ajak ke rumah kita tentu mereka akan berpikir lagi, pasti mereka merasa kesepian. Apalagi kita sebagai anak sibuk dengan kerjaan yang setiap harinya. Jadi maklum saja jika orang tua masih belum ingin tinggal di rumah kita, kita juga harus bijak dengan konsekuensi yang akan kita terima.

Demikian beberapa alasan orang tua tidak ingin tinggal bersama di rumah kita. Sebagai anak meskipun ingin membalas segala bentuk budinya sadarilah kita tidak akan bisa. Lebih baik kita tetap menjadi anak yang berbakti dengan tidak pernah membuat kecewa dan tidak lalai berdoa itu jauh lebih berharga.Tidak harus memaksa orang tua lantaran kita mementingkan ego kita, tidak malah membenci mereka dan intinya ada pada kita dan orang tua. Sebaiknya juga kita paham dan tidak menyimpulkan buruk tentang orang tua kita dengan mudah.

Indonesia Sumbersekar, Dau, Malang, Jawa Timur, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com