Sunday, January 24, 2016

Mahasiswa Ujung Tombak sebagai Agen Perubahan

Kita sebagai mahasiswa adalah pelopor generasi muda yang akan melampau pendahulu kita. Kita adalah mahasiswa sebagai agen perubahan yang akan merubah sekecil apapun masalah yang ada di negeri tercinta. Akan tetapi pantaskah jika kita sebagai mahasiswa yang seharusnya menjadi sosok intelek berubah menjadi sosok yang anarkis dan penuh kekerasan di jalan. Pikirkan hal itu?, sadarlah kita adalah mahasiswa yang seharusnya akrab dengan masyarakat, kita tahu tindakan seperti itu tidak akan menyelesaikan masalah.
Kita sebagai mahasiswa harus sadar, karena merubah sesutu itu tidak mudah alangkah baiknya kita merubah diri dan berdamai dengan begitu perubahan negeri akan tercapai secara otomatis. Kita sebagai mahasiswa seringkali demonstrasi akan tetapi yang kita lakukan selama ini tidak pernah membuat hasil. Selalu menambah keterpurukan negeri, banyak korban jiwa yang berjatuhan tidak kah anarkis seperti itu. Kita sebagai mahasiswa harusnya sadar dan mengerti beban yang diemban dan dipikul sangat berat. Tanggung jawab seperti apa? Tanggung jawab untuk sejahtera dan damainya negeri ini, tanggung jawab untuk masa depan negeri Indonesia tercinta  yang menuntun nasib jutaan orang.
Banyak mahasiswa sekarang ini sudah terdegradasi kemahasiswaanya menjadikan demonstrasi untuk unjuk gigi demi diakui. Melakukan bolos kuliah yang harusnya menjadi tanggung jawab, tidak kah nanti itu akan menjadi kebiasaan jika menjadi pemimpin negara. Mahasiswa seperti itu tidak memperhatikan rakyat dan negara, mahasiswa seperti itulah calon bibit perusak.
Kita sebagai mahasiswa dituntut untuk benar-benar memperhatikan dan peduli dengan nasib bangsa. Kita sebagai mahasiswa harusnya menyeru memikirkan apa yang dapat dilakukan demi peubahan negeri ini. Demonstrasi dengan tenang sesuai peraturan-peraturan yang ada dan melakukan diskusi, mengikuti perdebatan-perdebatan penting di negeri ini nampak nya jadi solusi.
Kita sebagai mahasiswa jangan hanya menjadi orator memplopori dan mengajak sejumlah orang untuk berpidato, berdemo dan berteriak. Apakah ini yang dinamakan mahasiswa sebagai agen perubahan penggerak bangsa. Ingat kita mahasiswa, kita tahu tanggung jawab kita dan fungsi kita sebagai mahasiswa itu untuk apa. Jangan hanya bisa menuntut pemerintah, karena tidak mudah  untuk menjalankan pemerintahan itu sendiri tanpa dukungan pasti. Baiknya kita mendukung dan memberikan sedikit jasa berharga dari jiwa kita untuk membantu mereka yang ada disana.
Kita sebagai mahasiswa harusnya menjadi pelopor bukan pengikut. Kita sebagai mahasiswa yang birjiwa Indonesia merasa hina jika tdak benar dan tidak langsung mempertbaikinya. Banyak cara yang dapat dilakukan tanpa berbuat anarkis dan turun kejalanan. Kita lantunkan emosi dan marah kita lewat seni, tulisan. Itu baru aksi nyata bukan hanya sekedar pembelaan dan mencari sebuah nama.




Indonesia Jl. Perum Landungsari Indah, Dau, Malang, Jawa Timur 65151, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com