Saturday, January 16, 2016

Tips dan Trik Jitu Memperbaiki KTP yang Rusak






Secara garis besar E-KTP adalah kartu tanda pengenal penduduk Indonesia yang resmi dan sangat penting. Namun bagaimana jika KTP yang kita miliki tiba-tiba rusak. Jangan khawatir selesaikan baca artikel ini dan temukan jawaban dengan tips yang jitu dan cepat. E-KTP mulai dipergunakan semenjak tahun 2011 lalu dan sampai sekarang. Namun masalah yang sering terjadi dengan E-KTP adalah terjadi kerusakan seperti yang dikeluhkan banyak orang plastik cover yang lepas sehingga identitas yang tertulis hilang. Sering terjadi hal itu secara tidak sengaja maupun sengaja seperti halnya sewaktu kita photo copy dan lain sebagainya. Untuk itu alangkah baiknya kita menjaga tanda pengenal kita dengan baik dan benar, merawat dan menggunakan dengan berhati=hati. Berikut langkah-langkah jika KTP terjadi kerusakan atau plastik cover terlepas, ini dapat membantu dan aman jika dilakukan dengan hati-hati :
Langkah petama siapkan bahan seperti :
1.      Plastik
Pertama siapkan bahan plastik sejenis mika atau lain sebagainya yang berwarna putih untuk menggantikan cover belakang yang sudah hilang. Plastik ini digunakan untuk cover belakang KTP yang ada lambang garudanya, karena plastik yang belakang jika terlepas tidak menghilangkan sejumlah tulisan atau tanda lambang  lainnya. Berbeda dengan cover depan jangan sekali-kali di lepas atau mengganti secara sengaja dengan plastik mika. Kenapa? Karena tulisan dan lambang di cover depan terletak dilpastik itu sendiri. Sehingga tidak disarankan dan diperbolehkan untuk melepas. Hanya saja jika plastik cover depan terlepas strika saja tanpa mengganti dengan plastik lainnya.
2.      Alas
Siapkan alas yang berkapasitas permukaan yang datar, sehingga tidak merusak salah satu komponen KTP yang nantinya akan berliku atau bengkok. Alas ini bisa menggunakan alas untuk ujian atau dengan menggunakan keramik. Untuk alas tidak dianjurkan menggunakan kain atau sejenisnya.
3.      Kertas
Kertas yang dimaksud adalah kertas bebas, yang penting bersih dan masih terlihat rapi.. Fungsi dan tujuan menggunakan kertas adalah sebagai alas atas KTP agar tidak terlalu panas sehingga menyebabkan KTP makin rusak dan meleleh karena terkena panas. Alangkah baiknya jika ragu silahkan gunakan dua lapis kertas untuk antisipasi kejadian yang tidak diinginkan.
4.      Strika
Jelas strika adalah komponen terpenting dalam melakukan proses ini, karena untuk memanaskan. Strika bisa menggunakan strika listrik ataupun strika manual. Untuuk strika tidak dianjurkan terlalu lama menyetrikanya dan lakukan strika ini secara perlahan dan hati-hati.
5.      Cutter
Sudah jelas dalam keseharian cutter adalah sebagai alat pemotong. Maka cutter yang dimaksud ini juga digunakan untuk memotong dan membuang plastik yang berlebih dan sekalian merapikannya. Untuk cutter sangat dianjurkan yang masih tajam.
Berikut langkah-langkah mengerjakannya:
Tahap pertama mulailah dengan mencolokkan strika dan membiarkan selama 5-10 menit untuk menciptakan panas yang diinginkan. Kedua, kita letakan KTP diatas papan rata dan kemudian atasnya pastikan tertutup dengan plastik mika yang sudah dilapisi dengan kertas. Langkah selanjutnya gosok secara perlahan dengan strika yang sudah panas. Untuk menggosok diharapkan perlahan dan hati-hati sehingga tidak menyebabkan KTP bengkok atau rusak. Langkah terkhi setelah cover pertama selesai lakukan dan beralih ke cover depan yang terlepas lakukan dengan cara yang sama terkecuali melapisi lagi dengan plastik mika. Cukup sederhana dan semoga bermanfaat bagi kita. Amin
Indonesia Jl. Perum Landungsari Indah, Dau, Malang, Jawa Timur 65151, Indonesia

6 comments:

  1. lebih baik hindari trik ini klo belum paham betul caranya ...soalnya ktp ane keriting dan mengkerut ...
    di bank aja tidak di terima..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, kalau teliti dan hati hati pasti jadi. Ane udah buktikan kok

      Delete
    2. Trus gimana bang klo udh mengkerut? Ktp ssya juga soalnya wkwkwk

      Delete
  2. Saya barusan coba nih, berhasil wkwk, seneng banget. Buat teman-teman di atas yg hasilnya mengkerut mungkin sebaiknya setrika jangan terlalu panas, trs kalo saya sih lapisan kertasnya pakai 1 kertas hvs 80 gr dilipat jadi 4, gpp setrikanya lama yg penting ngga keriting eheheh. Btw, makasih buat yg berbagi cerita keriting di atas, gara2 kalian saya jadi sangat berhati-hati menyetrika ktp wkwkw

    ReplyDelete
  3. All, E-KTP saya terlanjur dilaminating, ada solusinya ga biar bisa dilepas itu plastik laminatingnya tanpa merusak ektp nya?

    Makasih

    ReplyDelete
  4. Jangan om kalau udah di laminating alangkah baiknya di ganti aja, kalau ganti ktp cukup 2 minggu jadi. Urus di Capil langsung

    ReplyDelete

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com