Monday, January 18, 2016

Langkah Kecil Menebar Bahagia

Sering kali pribadi kita mengalami keburukan-keburukan hidup yang bermula dari diri sendiri. Tidak jarang kita selalu melakukan hal dzolim terhadap diri sendiri dengan melakukan kebohongan dan kejahatan. Hal baik yang sering kita lakukan selalu bertolak belakang dengan kata hati kita. Kita sering melakukan hal baik biasanya hanya untuk orang lain demi mendapat sebuah imbalan dan pujian. Kita sering lupa bahwa kita jarang bahkan tidak pernah melakukannya untuk diri sendiri, padahal hal itu baik dan luar biasa untuk sebuah kebahagiaan nyata. Alangkah baiknya kita lakukan perubahan terhadap diri kita lalu berproses kepada orang lain bahkan jika perlu merubah dunia bukan malah sebaliknya. Jika hal itu yang terjadi kita akan mengalami hal yang paling berat yang menjadi bakal beban kita. Kita sering dihadapkan berbagai masalah, tentu segala masalah pasti ada jalan keluarnya, dan itu sudah pasti. Akan tetapi beberapa orang bingung dengan menjadi pribadi yang lebih baik karena tidak tahu cara-cara dan melakukannya.
Secara garis besar kita juga telah melakukan hal-hal besar akan kebaikan. Kehidupan tampak secara jelas telah dihadapkan dengan canda dan tawa dan sebuah pilihan nyata. Oleh sebab hal itu, dapat disimpulkan bahwa jelas jika kita belajar tidak mendzolimi kita bisa melakukan cara dengan niat yang pasti dan kuat pula. Karena perubahan akan terjadi dan selalu menghampiri jika kita ada niat yang kuat yang tertanam dihati, dan melakukaannya dengan cara berusaha semaksimal mungkin. Kehidupan yang dihadapkan sangatlah wajar, jika kita menginginkan segala sesuatunya ya wajar kita perlu usaha. Akan tetapi usaha yang bagaimana? Pertanyaan tepat, jika kita sudah ada niat dan kita ingin berusaha melakukan perubahan yang akan lebih baik, kita cukup memberikan usaha yang berdampak pada diri kita terlebih dahulu sebelum kepada orang lain. Sebab jika dampak itu bermula dari kita secara otomatis dampak baik juga akan dirasakan oleh orang lain. Contohnya menebar kebaikan, membuat orang bahagia dan melakukan hal positif untuk diri kita, menjaga kesehatan dan lain sebagainya.
Sering kita selalu berusaha tetapi lupa berdoa dan memasrahkan diri kepada sang pencipta. Seiring berjalannya waktu terkadang usaha itu gagal dan menjadi kita semakin terpuruk. Lalu langkah kecil apa yang akan kita lakukan untuk menebar kebahagian?. Sederhana, karena usaha yang dimaksud tidak bisa dilakukan sendiri, disini kita harus memiliki teman bicara untuk berbagi dengan tujuan teman yang kita ajak bisa memberikan kritik yang mebangun dan motivasi untuk kita. Setelah mendapatkan kritik dan saran serta motivasi dari teman kita harus hadapi masalah, jangan sekali-kali untuk menghindarinya. Karena secara sadar kita pasti selalu terlibat dalam masalah, entah itu masalah pribadi, masalah keluarga, bahkan masalah sosial sekalipun. Untuk itu selalu percaya diri dan hadapi maslah sebesar apapun dan berhenti lari dari maslah. Kasusus yang membuat semakin terpuruk kita adalah selalu membuang-buang waktu. Kita jadikan waktu patokan pemuas hasrat kita, seolah-olah hanya kita yang memiliki dan menentukan waktu. Semakin kita mengabaikan dan membuang waktu langkah bahagia kita akan semakin tertunda. Itu sudah jelas dan semua orang merasakannya, dan pada akhirnya semua memutuskan untuk memulai dari nol dan itu akan sangat sulit. Jadi perlahan lah membuat langkah-langkah kecil untuk kebahagiaan diri dan menebarkan dengan orang lain. Tidak bisa sekarang? Kapan lagi, nunggu kita disisiNya. Semoga bermanfaat dan kita selalu membuat langkah-langkah kecil untuk kebahagiaan. Amin


Hanya satu yang ingin aku tuju
Indonesia Jl. Perum Landungsari Indah, Dau, Malang, Jawa Timur 65151, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com