Monday, January 11, 2016

Arti Sebuah Kesuksesan dan Langkah Meraihnya



Dalam roda kehidupan terlalu sering dan cepat roda itu berganti, berputar dan memberi arti. Banyak dari kita yang selalu dihadapkan dengan berbagai masalah dan cobaan. Seperti halnya ketika kita membicarakan sukses, tidak sedikit yang bangkit dari keterpurukan begitu juga sebaliknya.  Bicara sukses pasti semua orang tidak akan ketinggalan untuk menunjukkan dan mengacungkan tangannya untuk mereka mengakui sukses yang diraihnya. Sukses adalah hal yang benar sebagian dari apa yang diinginkan oleh semua orang. Akan tetapi hal itu tergantung sukses yang bagaimana. Karena sukses dapat diraih dengan berbagai cara, maka sebuah kesuksesan itu adalah pilihan. Pilihan yang dihadapkan oleh Tuhan kepada hamba-hambanya yang bekerja keras dan patuh terhadap perintahNya dan sukses itu hal yang nyata.
Terkadang kita masih bingung dengan apa yang akan kita lakukan, kita masih berpikir agar dapat sukses didunia atau di akhirat, kebanyakan pasti menginginkan sukses dunia dan juga sukses di akhirat. Semua itu tergantung niat dan cara kita menempuh apa yang akan kita ambil dengan jalan bagaimana dan seperti apa.  Sering kali kelalaian yang membuat kita hancur sendiri dalam sebuah proses, hal ini biasa karena semua orang berlomba –lomba tanpa berpikir dengan elastis. Hal inilah yang menyebabkan kita menjadi gagal untuk meraih sukses keduanya.
Ketika berbicara sukses didunia, kita masih bisa menerka dan memabayangkan berbeda dengan sukses akhirat karena sukses di akhirat kita tidak tahu bagaimana nantinya. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha membuat hal yang baik dan bermanfaat untuk orang lain dan patuh terhadap perintahNya. Iya tepat sekali, jika kita membahas sukses dunia, karena hal itu nyata dan bisa kita lihat dengan mata dan sekarang  muncul pertanyaan bagaimana sukses didunia dapat diraih?. Sukses didunia sebagai pembelajaran dan pengarah untuk sukses di akhirat juga nantinya, pasti sukses dunia dapat diraih jika kita benar melakukan dalam proses meraihnya. Sukses di dunia sering diartikan adalah orang-orang yang banyak harta, banyak uang, apapun yang diinginkan bisa terpenuhi. Namun sukses yang dimaksud bukan seperti itu.
Ada juga yang menyatakan bahwa sukses itu yang penting menumbuhkan kebahagiaan. Memang hal itu benar karena sukses tidak hanya di dapat dan diukur dengan kekayaan dan harta semata, sukses itu adalah pelengkap baik dari harta dan sisi kebahagiaan. Sukses memang kebanyakan ditangan kita bukan orang lain, seperti fiman Tuhan “ Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaumnya sebelum kaum itu merubah yang ada pada dirinya sendiri”. Firman Tuhan tersebut mengizinkan perubahan berada ditangan kita dan Tuhan hanya meridhoi. Akan tapi kenapa banyajn dari kita tidak melakukan dan hanya mengeluh menyalahkan nasib semata.
 Kebanyakan dari kita selalu  menyerah dan putus asa, itu alasan yang paling tepat yang harus diketahui. Karena dengan hal itu, putus asa akan membuat kita gagal dalam ujianNya. menyerah sebelum berperang dan putus asa setelah gagal. Mulai sekarang hal itu baiknya buang dan jauhkan dari diri kita, kita dibekali kesempurnaan oleh Tuhan dan kita juga diberikan kepercayaan untuk merubah hidup kita. Jika kita peka dan sering mendengar bahwa “Jika kita terlahir dalam keadaan miskin itu bukan salah kita, akan tetapi jika kita mati dalam keadaan miskin itu mutlak salah kita”. Jelas dari kata mutiara yang memotivasi itu membuat kita akan lebih berpikir dan berusaha yang lebih untuk sebuah kesuksesan. Oleh sebab itu, kita yang telah disandingkan dengan pilihan, pilahan untuk sukses atau pilihan untuk biasa biaa saja bahkan lebih buruk dalam keterpurukan. Kita boleh menentukan untuk memilih sesui dengan keinginan kita.
Raihlah apa yang kamu cita-citakan
 Apabila sukses itu ditangan kita yang telah dipercayakan oleh sang pencipta maka alangkah baiknya kita harus siap dalam mengahadapi hidup dalam keadaan apapun dan sepahit apapun karena Tuhan tidak akan memberikan cobaan yang melebihi kemmpuan yang dimiliki hambanya. Setelah apa yang kita lakukan bisa tercapai kita pasti akan menjadi manusia yang bahagIa dan bersyukur, dan dari situlah kita bisa memetik arti kehidupan yang sesungguhnya. Jauh kita berjalan dan kita akan  lebih mengenal, lebih dekat kepada Tuhan yang maha pengasih lagi maha penyayang.  Kehidupan yang sukses dan bahagia bukan kehidupan yang menyesatkan semata. Banyak dari kita yang ingin sukses tidak tahu cara nya dan melakukan tindakan dengan menghalalkan segala cara walaupun dengan merugikan orang lain. Mudah mudahan yang mebaca terhindar dari pada itu, amin.
Kita tahu bahwa kita selalu dihadapkan dengan banyak pilihan kita bisa meraih sukses dengan jerih payah dan keringat kita sendiri, ataupun dengan bantuan orang lain. Yang penting tidak merugikan siapapun yang berada disekeliling kita. Kita dapat memanfaatkan moment atau situasi yang tepat disekitar kita yang akan menumbuhkan rasa untuk bisa meraih sukses dengan cara dan rasa syukur kita. Sukses terkadang milik orang beruntung semata, tetapi sukses yang sebenarnya adalah sukses yang ditempuh dengan perjalanan dan cara yang hebat dan penuh ujian. Dalam sukses penunjang yang kita butuhkan adalah sebuah perjuangan dan pengorbananan. Hal itu tidak akan sempurna jika tidak diiringi dengan rasa berani yang artinya jangan pernah takut gagal untuk memulai dan menjalaninya. Sebuah kegagalan pasti mengahantui dan melengkepai keberhaslan kita, oleh sebab itu wajib kita sikapi dengan bijak dengan memegang teguh bahwa kegagalan adalah kunci sukses.
Kegagalan memang paling sering mendekati orang-orang yang akan sukses  untuk itu  jadikanlah kegagalan sebuah motivasi.  Apapun resikonya harus kita terima dan yang paling utama adalah jangan mengeluh kesehakan keadaan dalam usaha yang telah kita bina, karena hal itu akan lebih membuat kita terpuruk. Pasrahkan semua kepada Tuhan Yme, tetap optimis merupan salah satu kunci utama, kenapa? dengan optimis kita akan lebih percaya diri dan terakhir kuncinya harus sabar dan sertakan tangan kita menadahkan tangan memohon kepada Tuhan dalam menjalani sebuah usaha tersebut. Setelah semua terpenuhi, usaha ikhtiar dan doa mungkin tidak langsung bisa membuat kita berhasil dan sukses begitu saja, Tuhan pasti menguji dan memberikan kita tantangan karena Tuhan tahu yang terbaik untuk makhlukNya.  Oleh karena itu, sabar dan kebesaran hati harus kita tanam kan dalam proses ini agar sukses yang ingin kita capai bisa kita dapatkan.
Indonesia Jl. Perum Landungsari Indah, Dau, Malang, Jawa Timur 65151, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com